Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Ta'lim al-Muta'allim di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal

Sari, Venti Nur Indhah (2021) Upaya Guru dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Ta'lim al-Muta'allim di MA Ma'arif Al-Ishlah Bungkal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317190_VENTI NUR INDHAH SARI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Venti Nur Indhah. 2021. Upaya Guru Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Melalui Pembelajaran Kitab Ta’li>m al-Muta’allim di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah R., M. Pd.I.

Kata Kunci: Upaya, Karakter Religius, Kitab Ta’li>m al-Muta’allim

Pendidikan nasional memiliki fungsi, yaitu untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Semua proses pendidikan mengandung aspek pendidikan karakter, yang mana pendidikan nilai luhur menjadi landasan suatu pendidikan karakter untuk mengarahkan perilaku peserta didik agar sejalan dengan norma sosial dan agama. Sehingga penanaman karakter religus harus diutamakan. Dalam hal ini, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui pembelajaran kitab Ta’li>m al-Muta’allim yang membahas mengenai adab menuntut ilmu sesuai ajaran Islam sebagaimana yang dilakukan di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap alasan kitab Ta’lim al-Muta’alim masuk dalam mata pelajaran di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, (2) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’li>m al-Muta’allim di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, dan (3) menjelaskan dampak pembelajaran kitab Ta’li>m al-Muta’allim terhadap pembentukan karakter religius siswa di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal.
Untuk menjawab penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Alasan kitab Ta’li>m al-Muta’allim dimasukkan dalam mata pelajaran di MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal adalah karena kitab ini penting untuk dipelajari oleh siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal yang mana kitab tersebut menjelaskan tentang adab menuntut ilmu sesuai dengan syari’at Islam, 2) Pembelajaran kitab Ta’li>m al-Muta’allim diikuti oleh seluruh siswa MA Ma’arif Al-Ishlah Bungkal yang dilaksanakan di kelas masing-masing sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh sekolah. Pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’alim dilaksanakan menggunakan metode bandongan yang dapat membantu proses pembelajaran sehingga siswa mudah memahami materi yang disampaikan, 3) Dampak dari Pembelajaran kitab Ta’li>m al-Muta’allim terhadap karakter religius siswa Ma’arif Al-Ishlah Bungkal, yaitu siswa memiliki rasa syukur dalam dirinya karena masih di beri umur dan dapat bersekolah menuntut ilmu setinggi-tingginya, Sebagian siswa juga mengawali dengan do’a ketika akan belajar, akan makan, akan tidur dan kegiatan lainnya. Siswa-siswa percaya dengan adanya Allah SWT. sehingga mereka senantiasa beribadah seperti sholat 5 waktu dan membaca Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:55
Last Modified: 10 Jan 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17556

Actions (login required)

View Item View Item