Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021

Priyantini, Destik Diyah (2021) Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Ma'arif Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617083 DESTIK DIYAH PRIYANTINI.pdf

Download (952kB) | Preview

Abstract

Priyantini, Destik Diyah. 2021. Pengaruh
Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadip Keterampilan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III MI Ma’arf Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponrogo, Pembimbing Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.

Kata Kunci : Media Cerita Bergambar, Membaca Pemahaman

Media cerita bergambar merupakan buku yang memiliki unsur gambar disertai teks cerita yang berfungsi penghias dan pendukung cerita yang dapat membantu proses pemahaman terhadap isi gambar tersebut. Membaca pemahaman adalah kemampuan untuk memahami isi bacaan atau teks secara menyeluruh dan dapat menyampaikan hasil pemahaman membacanya dengan cara membuat rangkuman isi bacaan dengan menggunakan bahasanya sendiri dan menyampaikannya baik secara lisan maupun tulisan. Kurangnya variasi media yang digunakan dalam keterampilan membaca pada pemebelajaran karena media yang digunakan masih berupa teks bacaan biasa, sehingga membuat siswa kurang antusisas dalam membaca. Untuk membuat peserta didik lebih dalam belajar maka diperlukan media pembelajaran yang efektif dan efisien karena dapat menentukan dalam keterampilan membaca pemahaman siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana ketrampilan membaca pemahaman kelas III di MI Ma’arif Cekok yang menggunakan media cerita bergambar. (2) Untuk mengetahui keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III di MI Ma’arif Cekok yang tidak menggunakan media cerita bergambar. (3) Untuk mengetahui perbedaan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas III MI Ma’arif Cekok antara yang menggunakan dan tidak menggunakan media cerita bergambar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain metode penelitian Eksperimental. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III MI Ma’arif Cekok, dengan sampel kelas III B sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas III C sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis statistik menggunakan uji t-test dan uji t one tailed yang sebelumnya telah dilakukan uji normalitas dan homogenitas.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1) Ketrampilan membaca pemahaman kelas eksperimen tergolong cukup dengan nilai 8,84. (2) Keterampilan membaca pemahaman kelas control tergolong cukup dengan nilai 8,20. (3) Pada hasil uji t-test diketahui nilai signifikansi 0,751 dan uji t (one-tailed) diketahui P-Value sebesar 0,066. Karena nilai signifikansi dan P-Value kelas eksperimen dan kontrol tersebut > 0,05, maka Ho di ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan pada keterampilan membaca pemahan antara siswa yang menggunakan media cerita bergambar (eksperimen) dengan keterampilan membaca pemahaman siswa yang tidak menggunakan media cerita bergambar (kontrol).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:51
Last Modified: 10 Jan 2022 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17555

Actions (login required)

View Item View Item