Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Yayasan Nurul Madani Desa Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun

Fidaroyani, Etwin (2021) Penerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di Yayasan Nurul Madani Desa Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317119_Etwin Fidaroyani_PAI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat muslim, maka wajib bagi setiap muslim untuk bisa
membaca al-Qur’an dengan baik, benar dan sesuai kaidah atau aturan membacanya, baik bagi
orang dewasa, remaja, maupun anak-anak. Dalam proses pembelajaran al-Qur’an setiap anak
memiliki daya tangkap yang berbeda-beda sehingga membutuhkan upaya atau strategi yang
tepat. Metode adalah salah satu jawabannya. Di Yayasan Nurul Madani Desa Kincang
Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun dalam proses pembelajaran al-Qur’an menggunakan
metode ummi sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an.Metode
ummi ini dipilih untuk menggantikan metode sebelumnya, setelah para ustadz-ustadzah memiliki
sertifikat sebagai pengajar metode ummi.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan
penerapan metode Ummi dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Yayasan Nurul Madani
Desa Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun; (2) Untuk menjelaskan upaya ustadz
ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an di Yayasan Nurul Madani Desa
Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun menggunakan metode Ummi; (3) Untuk
mengetahui hasil penerapan metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-
Qur’an di Yayasan Nurul Madani Desa Kincang Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.
Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis studi
kasus. Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Proses penerapan metode Ummi dalam
pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan buku Ummi jilid 1 sampai jilid 6, al-Qur’an,
buku tajwid dan ghorib. Model pembelajarannya menggunakan model privat individual yakni,
murid dipanggil satu persatu secara bergantian menghadap gurunya dan yang lainnya diberi
tugas untuk membaca pelajaran yang kemarin;(2) Upaya ustadz ustadzah dalam meningkatkan
kemampuan membaca al-Qur’an yakni dengan melakukan pendekatan emosional kepada murid,
pengulangan materi jika belum lancar, penetapan pencapaian target khatam Ummi dalam waktu
satu tahun dan memberikan motivasi agar murid tetap bersemangat dalam belajar al-Qur’an;(3)
Hasil penerapan metode Ummi di Yayasan Nurul Madani sudah baik dan sangat membantu
untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, baik dari segi makharijul huruf, tajwid
dan kelancarannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:50
Last Modified: 10 Jan 2022 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17554

Actions (login required)

View Item View Item