upaya menumbuhkan kecerdasan sosial santri di pondok pesantren al barokah mangunsuman siman ponorogo

Latifah, Badi'ul (2021) upaya menumbuhkan kecerdasan sosial santri di pondok pesantren al barokah mangunsuman siman ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317020 BADI'UL LATIFAH SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Latifah, Badi’ul. 2021. Upaya Menumbuhkan Kecerdasan Sosial Santri Di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni,M.Pd.I

Kata Kunci : Pondok Pesantren, Kecerdasan Sosial, Santri

Pada dasarnya Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup saling bergantungan satu sama lain. Segala kebutuhan manusia akan terpenuhi apabila manusia dapat berinteraksi dengan baik kepada sesama manusia. Manusia sendiri tidak dapat memenuhi hidupnya tanpa adanya bantuan orang lain untuk memenuhi kebutuhannya Misalnya dalam sebuah rumah tangga seorang suami mencari nafkah istri yang memnuhi kebutuhan keluarga dirumah. Dipondok pesantren al barokah mengupaya suatu banyak kegiatan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap sekitar di antaranya dengan diajak bakti sosial, kegiatan hari santri yang itu dilakukannya lomba-lomba berkelompok untuk saling mengenal satu sama lain. Upaya untuk melatih dan membiasakan bersikap sesuai dengan norma dan etika dimasyarakat perlu yang namanya wadah yang berupa lembaga, salah satu lembaga tersebut adalah pesantren. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan dan lembaga kemasyarakatan.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1.) upaya dalam menumbuhkan kecerdasan sosial santri Di pondok Pesantren Al Barokah, 2.) Untuk mengetahui kecerdasan sosial santri Al Barokah, 3.) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kegiatan Dipondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data nya menggunakan tiga tahap, yaitu tahap kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian upaya menumbuhkan kecerdasan sosial santri Dipondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo menunjukan bahwa, (1.) upaya menumbuhkan kecerdasan sosial santri melalui beberapa program dan rutinitas diantaranya: madrasah diniyah, manakib, sholawat, muhadloroh, bakti sosial, dll (2.) kecerdasan sosial pada pesantren ini sangat membaik dengan saling mempedulikan satu sama lain (3.) faktor-faktor yang menghambat dan penunjang dalam program di pesantren adalah diri sendiri, orang lain, dan sarana prasarana. Kecerdasan sosial terdiri dari aspek social sensitivity, social insight, dan social communication. Keterampilan-keterampilan sosial ini merupakan keterampilan elementer yang harus dimiliki siswa. Kecerdasan sosial mencakup sikap empati, prososial,kesadaran diri, pemahaman situasi sosial dan etika sosial, keterampilan pemecahan masalah, komunikasi efektif, mendengarkan efektif serta mampu memimpin kelompok. Keterampilan ini dapat diajarkan kepada anak-anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jan 2022 01:49
Last Modified: 10 Jan 2022 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17553

Actions (login required)

View Item View Item