Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Ma’arif Klego.

Setianingrum, Lilis (2021) Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Ma’arif Klego. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317006 LILIS SETANINGRUM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setianingrum, Lilis. 2021. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Daring dan Pembelajaran Luring Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas X di MA Ma’arif Klego. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Luring.
Pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup besar dalam kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini pemerintahan mendorong untuk mengeluarkan kebijakan tentang pelakasanaan pembelajaran di Indonesia yaitu dengan menggunakan pembelajaran daring dan pembelajaran luring. Berdasarkan observasi yang diperoleh peneliti, pembelajaran daring di MA Ma’arif Klego lebih memfokuskan pada pembelajaran yang bersifat visual. Sedangkan pembelajaran luring lebih memfokuskan pada pembelajaran yang bersifat audio.
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring; (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran luring; (3) Untuk mendeskripsikan perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring dan luring.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat komparasional. Populasi dalam penelitan ini adalah semua siswa kelas X di MA Ma’arif Klego yang berjumlah 30 siswa, teknik pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan rumus uji "t".
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring hasil baik dengan frekuensi 1 siswa, kategori cukup dengan frekuensi sebanyak 11 siswa , dan kategori kurang dengan frekuensi sebanyak 3 siswa. (2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran luring baik dengan frekuensi 3 siswa, kategori cukup dengan frekuensi sebanyak 10 siswa, dan kategori kurang dengan frekuensi sebanyak 2 siswa. (3) Berdasarkan perhitungan t test, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran daring dan pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jan 2022 06:44
Last Modified: 07 Jan 2022 06:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17548

Actions (login required)

View Item View Item