..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta'lim pada Pelajar di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo

Hidayah, Oktavia Nurul (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta'lim pada Pelajar di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317422_OKTAVIA NURUL HIDAYAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hidayah, Oktavia Nurul. Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Melalui Kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta’lim pada Pelajar di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo. Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.
Kata Kunci: kecerdasan interpersonal, dzikir, sholawat, IPNU IPPNU.

Kecerdasan interpersonal sangat penting untuk dimiliki setiap orang dalam menjalin komunikasi. Ada banyak bukti bahwa kompetensi dalam kecerdasan interpersonal sangat penting. Penelitian ini dilakukan di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo. IPNU IPPNU adalah salah satu organisasi dibawah banom Nahdhatul Ulama yang anggotanya sebagian besar adalah pelajar. Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo adalah kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta’lim yang dilakukan di setiap ranting (desa). Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pengembangan kecerdasan interpersonal yang secara tidak langsung terjadi melalui kegiatan tersebut.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta’lim di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo, 2) untuk menjelaskan proses pengembangan kecerdasan interpersonal yang terdapat di kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta’lim di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo, 3) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pengembangan kecerdasan interpersonal pelajar melalui kegiatan Majelis Dzikir dan Sholawat Ta’lim di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo.
Untuk itu, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di IPNU IPPNU kecamatan Sawoo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kegiatan majelis dzikir dan sholawat ta’lim di IPNU IPPNU kecamatan Sawoo dilaksanakan di setiap ranting yang ada di Kecamatan Sawoo setiap satu bulan sekali (sesuai hari pasaran). Partisipan berasal dari anggota banom sendiri, dan juga masyarakat setempat. Kegiatan ini berisi serangkaian acara mulai dari sholawat simtudurror hingga mengaji kitab; 2) proses pengembangan kecerdasan interpersonal yang terdapat di kegiatan majelis dzikir dan sholawat ta’lim ini terdiri dari beberapa bentuk: a) pemahaman situasi sosial dan etika sosial, b) pemahaman komunikasi yang santun, c) pemahaman pemecahan masalah secara efektif, d) mengembangkan sikap prososial; 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kecerdasan interpersonal melalui kegiatan majelis dzikir dan sholawat ta’lim di IPNU IPPNU Kecamatan Sawoo adalah sebagai berikut: a) faktor pendukung terdiri dari keaktifan anggota, kesadaran diri, dan tanggung jawab, b) faktor penghambat terdiri dari kurangnya motivasi, sikap individualisme, dan kurangnya tanggungjawab dari anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jan 2022 01:02
Last Modified: 07 Jan 2022 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17543

Actions (login required)

View Item View Item