...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SCAN WARNA PADA LEMBAR PEMNGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Implementasi Nilai-Nilai Pesantren Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo

Burhanuddin, Rohmat (2021) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, SCAN WARNA PADA LEMBAR PEMNGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Implementasi Nilai-Nilai Pesantren Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210617127_ROHMAT BURHANUDDIN_PGMI.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Burhanuddin, Rohmat. 2021. Implementasi Nilai-Nilai Pesantren dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa Kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Weni Tria Anugrah Putri, M.Pd.

Kata Kunci: Implementasi, Nilai-nilai pesantren, Karakter religius.
Peneliti memilih kelas 6 karena siswa di kelas 6 dianggap sudah mampu untuk berpikir kritis dan menjadi panutan bagi kelas bawah. Nilai-nilai pesantren dipilih untuk melakukan pendekatan karena lebih efektif untuk menumbuhkan sikap religius siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara implementasi nilai-nilai pesantren, faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai pesantren, dampak implementasi nilai-nilai pesantren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai observer dan kehadiran peneliti diketahui statusnya sehingga peneliti memperoleh informasi secara terbuka dan diketahui oleh umum.
Peneliti pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, ipeneliti menggali data terkait dengan implementasi nilai-nilai pesantren dalam pengembangan karakter religius siswa kelas 6 SD Terpadu Ainul Ulum Pulung Ponorogo dan mendeskrispsikan data isesuai dengan ifokus penelitian iyang idipaparkan untuk memperjelas itujuan diadakannya penelitian itersebut.
Penanaman inilai-nilai ipesantren idalam ipengembangan karakter ireligius isiswa kelas 6 SD iTerpadu iAinul iUlum iPulung iPonorogo dilaksanalan imelalui ikegiatan ikeagamaan di sekolah idiantaranya iadalah ikegiatan rutin iyang isetiap ihari idilaksanakan imaupun kegiatan rutin itahunan. Faktor pendukung ikeberhasilan iupaya iyang idilakukan ioleh pendidik iadalah sarana idan prasarana yang imencukupi, idukungan ipendidik isejawat idan tenaga kepandidikan, dukungan ipenuh ikepala isekolah, ikesadaran siswa, dukungan iorang tua siswa. iSedangkan faktor ipenghambat iupaya iguru penanaman nilai-nilai ipesantren dalam ipengembangan ikarakter religius iyaitu iorang tua itidak mendukung ianak ibelajar, lingkungan iyang iburuk, ifasilitas iyang kurang memadai. Dampak dari implementasi nilai-nilai pesantren terhadap perkembangan karakter religius siswa adalah siswa mempunyai akhlak karimah, rajin ibadah, bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, hafal surat Al-Qur’an yang sudah di tentukan, mempunyai dedikasi dan loyalitas, mempunyai amanah dan tanggung jawab, toleransi dan tenggang rasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jan 2022 01:00
Last Modified: 07 Jan 2022 01:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17541

Actions (login required)

View Item View Item