Implementasi Metode Wafa' dalam Pembelajaran Tajwid untuk meningkatkan Fashohah membaca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Bakti Ummah Ponorogo

Nanda, Rizqi Amalia (2021) Implementasi Metode Wafa' dalam Pembelajaran Tajwid untuk meningkatkan Fashohah membaca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Bakti Ummah Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317181 RIZQI AMALIA NANDA PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Amalia Nanda, Rizqi. 2021. Implementasi Metode Wafa’ dalam Pembelajaran Tajwid untuk Meningkatkan Fashohah Membaca Al Qur’an di Pondok Pesantren Bhakti Ummah Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heri Yudanta, M.Pd,
Kata Kunci: Metode Wafa, Pembelajaran Tajwid.
Berbicara mengenai Al-Qur’an realita sekarang ini banyak kita temui masyarakat yang belum bisa membaca kitab suci Al-Qur’an bahkan sama sekali belum bisa membaca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan karena keterbatasan ilmu yang mereka miliki serta keterbatasan waktu mereka untuk mempelajarinya. Di sisi lain fenomena yang berada di sekolah masih banyak peserta didik yang belum lancar dalam membaca kitab suci Al-Qur’an karena mereka belum memiliki rasa cinta untuk mempelajari Al-Qur’an, atau mungkin mereka belum menemukan hal yang menyenangkan untuk mempelajari dan mencintai kitab suci Al-Qur’an.Seperti yang diterapkan Pondok Pesantren Bhakti UmmahPonorogo yang merupakan salah saatu lembaga pendidikan yang menerapkan belajar Al-Qur’anmetode Wafa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi Metode Wafa’ dalam pembelajaran tajwid untuk meningkatkan Fashohah membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Bakti Ummah Ponorogo. (2) Implikasi Metode Wafa’ dalam pembelajaran tajwid untuk meningkatkan Fashohah membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Bakti Ummah Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi (reduction data), panyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi pembelajaran Al- Qur'an melalui Metode Wafa di Pesantren Bhakti Ummah Ponorogo meliptuti kegiatan persiapan sebelum pembelajaran atau perancangan pembelajaran (smart teaching), pelaksanaan pembelajaran yaitu sebagaimana yang telah ditetapkan oleh tim Wafa Yayasan Syafaatul Qur'an Indonesia (YAQIN) Surabaya dalam buku panduan Wafa di antaranya menggunakan strategi pembelajaran quantum teaching TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi dan Rayakan) dan evaluasi pembelajaran.(2)Dampak dari implementasi pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Wafa di antaranya yaitu: Dampak positif: Para peserta didik lebih antusias belajar Al- Qur'an. menyukai dan bisa menerima metode Wafa sehingga pembelajaran bisa berjalan lancar dan mencapai hasil yang maksimal serta lembaga pendidikan SMA Bhakti Ponorogo mulai dipercaya dan sekarang semakin banyak peminatnya dari semua kalangan. Dampak negatif: ketika siswa sering tidak masuk tanpa izin maka ini akan menghambat proses pembelajaran dan membutuhkan penanganan yang lebih intensif. Selain itu sarana yang kurang memadai mengakibatkan pembelajaran berlangsung kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jan 2022 01:58
Last Modified: 06 Jan 2022 01:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17538

Actions (login required)

View Item View Item