Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN Tapen 2 Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2020/2021.

Mukaromah, Lailatul (2021) Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN Tapen 2 Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-210617032-LAILATUL MUKAROMAH- ETHESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Mukaromah, Lailatul. 2021. Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas I SDN Tapen 2 Kecamatan Lembeyan Kabupaten Magetan Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing M. Fathurahman, M.Pd.I.
Kata Kunci: Metode SAS, Membaca Permulaan, Bahasa Indonesia.
Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Bagi sebagian siswa membaca adalah suatu hal yang dianggap membosankan sehingga mengurangi semangat siswa dalam belajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam membaca dan proses pembelajaran yang kurang kondusif. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca, maka ia akan mengalami kesulitan. Oleh karena itu, harus ada upaya guru untuk memancing siswa supaya terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan metode pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS) untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1.) Untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan metode SAS pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas I di SDN Tapen 2. (2.) Untuk mengetahui apakah metode SAS dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini dirancang melalui penelitian tindakan kelas pada kelas I SDN Tapen 2 yang mencangkup II siklus. Setiap siklusnya meliputi 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa SDN Tapen II yang berjumlah 15 siswa.
Hasil dari penelitian ini adalah presentase siswa yang termasuk kedalam kategori sangat baik sebelum menggunakan metode SAS adalah 20%. Namun setelah menggunakan metode SAS terbukti dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Terbukti pada siklus I sebesar 26,7% dan siklus II mencapai 53,3%. Siklus I dengan kategori sangat baik 26,7 %, kategori baik 40 %, kategori kurang baik 33,3 %. Sedangkan pada siklus II dengan kategori sangat baik 53,3 %, kategori baik 33,3 %, dan kategori kurang baik 13, 3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:46
Last Modified: 05 Jan 2022 04:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17532

Actions (login required)

View Item View Item