Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo

Afiani, Astin Nur (2021) Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar melalui Metode Diskusi pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 211417003 ASTIN NUR AFIANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan pada abad ke-21 menuntut siswa untuk memahami berbagai permasalahan baru yang ada di dunia nyata. Hasil pendidikan yang diharapkan meliputi pola kompetensi dan inteligensi yang dibutuhkan untuk berkiprah pada abad ke-21. Pendidikan bukan hanya menyiapkan masa depan, tetapi bagaimana menciptakan masa depan. Pendidikan harus membantu perkembangan terciptanya individu yang kritis dengan tingkat kreativitas yang sangat tinggi. Guru harus bisa memberikan sebuah metode pembelajaran yang dapat memacu semangat siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran. Sehingga dari kegiatan tersebut dapat berimbas pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan proses penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII (2) menjelaskan hasil penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII (3) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung penerapan metode diskusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VIII.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data yang dilaksanakan di MTs Negeri 3 Ponorogo dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara yang dilakukan berulang kali digunakan untuk mendapatkan data yang valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penerapan metode diskusi yang diterapkan di MTs Negeri 3 Ponorogo mengacu pada model pembelajaran berbasis masalah atau PBL yang secara umum langkah-langkahnya meliputi (a) orientasi siswa pada masalah (b) mengorganisasikan siswa kedalam kelompok-kelompok belajar (c) membimbing pengalaman individual atau kelompok (d) mengembangkan dan menyajikan hasil karya (d) menganalisis dan mengevaluasi. (2) Dan adapun hasil dari peran guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MTs Negeri 3 Ponorogo yaitu (a) Hasil belajar kognitif atau pengetahuan siswa yang ditunjukkan dengan nilai terus meningkat. (b) hasil belajar afektif yaitu terdapat perubahan terhadap sikap siswa yang mendorong untuk bersikap toleransi sosial yang tercermin dalam kelompok untuk saling membantu dan bekerjasama dalam menyelesaikan tugas, tumbuh saling menghargai pendapat orang lain. (c) hasil belajar psikomotor siswa begitu aktif dan antusias dalam pembelajaran baik ketika bertanya, menjawab ataupun menanggapi hasil presentasi dari kelompok lain. (3) Faktor penghambat dan pendorong dalam penerapan metode diskusi yaitu ada faktor internal dan eksternal yang berasal dari dalam diri siswa maupun guru baik berasal dari lingkungan belajar siswa, semangat dan motivasi siswa, sumber belajar dan pengetahuan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2022 04:45
Last Modified: 05 Jan 2022 04:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17530

Actions (login required)

View Item View Item