...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...RELEVANSI NILAI- NILAI KARAKTER DALAM KITAB TAYSĪRUL KHALĀQ KARYA HAFID HASAN AL MAS’UDI DENGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA DISRUPSI 4.0

Pamungkas, Ragil (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...RELEVANSI NILAI- NILAI KARAKTER DALAM KITAB TAYSĪRUL KHALĀQ KARYA HAFID HASAN AL MAS’UDI DENGAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA ERA DISRUPSI 4.0. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RagilPamungkas_210316020-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pamungkas,Ragil. 2021. Relevansi Nilai-Nilai Karakter dalam Kitab Taysīrul
KhalāqKarya Hafid Hasan Al Mas’udi dengan Pengembangan
Pendidikan Karakter Peserta Didik pada Era Disrupsi 4.0. Skripsi.
Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam NegeriPonorogo. Pembimbing,Zeni Murtafiati
Mizani, M.Pd.I.
Kata Kunci: Nilai Karakter, Taysīrul Khalāq, Pengembangan Pendidikan
Nilai-nilai karakter berfungsi sebagai indikator pendukung keberhasilan
pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter.Nilai-nilai karakter
dikembangkan sesuai dengan sifat-sifat dalam diri sebagai kebiasaan individu
yang berlaku dalam lingkungannya.Karakter diawali dan pengetahuan
terhadap baik atau buruknya nilai,nilai yang baik akan dijaga dan terus
dibina.Pembentukan nilai-nilai karakter atau jiwa manusia merupakan
gabungan dan tiga hal, yaitu cipta, rasa, dan karsa.Menghadapi permasalah
rusaknya nilai karakter yang ada, diperlukan solusi untuk mengatasi masalah
tersebut diantaranya dengan mengadopsi nilai-nilai karakter para pemikir
terdahulu serta membumikan dengan kondisi saat ini.Dengan mempelajari
pemikiran para ulama dan para imam yang agung ini, maka akan sedikit
mengobati kekurangan dan menambal kemiskinan.Salah satu kitab terdahulu
yang membahas tentang nilai-nilai karakter adalah kitab Taysīrul Khalāqkarya
Hafid Hasan Al Mas’udi.
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimanakah
nilai-nilai karakter dalam kitab Taysīrul Khalāq karya Hafid Hasan AlMas’udi (2) untuk mengetahui bagaimanakah relevansi nilai- nilai karakter
yang terdapat dalam kitab Taysīrul Khalāq terhadap generasi millenial.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian
kepustakaan/libraryresearch tokoh yang menggunakan metode deskriptif
kualitatif, sedangkan taknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan
menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun
laporan hasil penelitian dari penelitian terdahulu. Analisis yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan analisa konten (isi) untuk menjelaskan
nilai-nilia karakter dalam kitab Taysīrul Khalāq.
Dari hasil penelitian, di sebutkan bahwa nilai-nilai karakter dalam kitab
Taysīrul Khalāq yaitu adab hubungan makhluk dengan tuhannya, hubungan
antara guru dengan murid, hubungan antara orang tua dan anaknya, hubungan
dengan keluarga, hubungan dengan masyarakat, serta akhlak yang harus di
hindari seperti: dendam, dusta dan ghibah.Dalam konsep pendidikan karakter
dan pemikiran Al Masud’i bahwa relevansi yang pertama itu nilai beragama
yaitu mengenal dan meyakini Allah sebagai Tuhan, kedua yakni relevansi
antara murid dengan guru, ketiga relevansi nilai- nilai adab hubungan orang
tua dan anak, serta relevansi peserta didik dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ZENI MURTAFIATI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:41
Last Modified: 05 Jan 2022 00:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17528

Actions (login required)

View Item View Item