...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN BERMATERAI DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Pemanfaatan Media Grup Whatsapp Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII& VIII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021

Widyawati, Eva (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN BERMATERAI DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Pemanfaatan Media Grup Whatsapp Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII& VIII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317019 EVA WIDYAWATI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Widyawati, Eva. 2021. Pengaruh Pemanfaatan Media Grup Whatsapp Dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII& VIII MTs Nurul Mujtahidin Mlarak Ponorogo Tahun Pelajaran 2020-2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, S.Ag. M.Pd.I.
Kata Kunci : Media Grup Whatsapp, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar Siswa.
Belajar merupakan suatu upaya pengembangan seluruh kepribadian individu, baik segi fisik maupun psikis. hasil belajar adalah perubahan yang terjadi pada diri siswa, baik mencakup kognitif, afektif dan psikomotorik setelah melalui pembelajaran yang diberikan kepada siswa. Penggunaan media yang tidak maksimal akan berdampak pada hasil belajar siswa. Begitu juga dengan keaktifan siswa didalam mengikuti pembelajaran juga akan berdampak pada pemahaman siswa pada pelajaran dan juga tentunya berdampak pada hasil belajarnya.
Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Media Grup Whatsapp terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII & VIII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak. (2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII & VIII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak. (3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh Media Grup Whatsapp dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas VII & VIII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, yang datanya menggunakan angka-angka. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII & VIII di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak yakni 40 siswa, teknik pengambilan sampel dengan teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel apabila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrument penelitian angket, nilai rapot dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) pemanfaatan media grup Whatsapp berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak dengan persamaan regresi Y = Y = 26,713 + 0,687X1 serta berpengaruh sebesar 56,5%. (2) keaktifan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak dengan persamaan regresi Y = 41,166 + 0,531X2 serta berpengaruh sebesar 47,8%. (3) pemanfaatan media grup Whatsapp dan keaktifan siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Mujtahidin Mlarak dengan persamaan regresi Y = 22,569 + 0,478X1 + 0,267X2 serta berpengaruh sebesar 63,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Jan 2022 00:39
Last Modified: 05 Jan 2022 00:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17527

Actions (login required)

View Item View Item