konsep pendidikan akhlak dalam kitab adāb al-ʿālim wa al-mutaʿallim karya kh. hasyim asy’ari dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam

Mabruroh, Hanifa Lutfia (2021) konsep pendidikan akhlak dalam kitab adāb al-ʿālim wa al-mutaʿallim karya kh. hasyim asy’ari dan relevansinya dengan tujuan pendidikan islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317058_HANIFA LUTFIA MABRUROH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mabruroh, Hanifa Lutfia. 2021. Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim Karya KH. Hasyim Asy’ari dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M. Ag.
Kata Kunci: Pengertian Akhlak, Konsep Pendidikan, Tujuan Pendidikan Islam, Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim
Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim merupakan kitab hasil karangan dari KH. Hasyim Asy’ari. Beliau merupakan seorang pahlawan dan ulama nasionalis yang memberi penekanan terhadap guru dan murid untuk memperhatikan akhlak selama proses pembelajaran. Pada era sekarang ini, pendidikan di Indonesia lebih ditekankan dalam pembentukan akhlak, dimana tujuan pendidikan tidak hanya dalam pentransferan ilmu saja, namun juga pembentukan akhlak pada pribadi masing-masing. Untuk itu, pendidikan akhlak menjadi kajian menarik karena sangat berperan penting dalam membantu setiap anggota masyarakat untuk bersikap dan bertindak selaras dengan norma masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim karya KH. Hasyim Asy’ari yang kemudian direlevansikan dengan tujuan pendidikan Islam.
Metode penelitian yang digunakan dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) di mana penelitian ini mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bertujuan dengan objek penelitian atau pengumpulan data yang bersifat kepustakaan atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Adapun sumber utama dalam penelitian ini adalah kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim dan terjemahan kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim. Adapun sumber-sumber pendukungnya adalah buku- buku yang berkaitan dengan materi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim memuat tentang akhlak yang harus ada pada seorang guru dan murid, meliputi; (1). Meluruskan niat, (2). Qana’ah, (3). Khusyu’, (4). Wira’i, (5). Zuhud, (6). Tawadhu, (7). Kasih sayang, (8). Sabar, (9). Memanfaatkan waktu, (10). Menghindari hal kotor dan maksiat. Relevansi akhlak dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim dengan tujuan pendidikan Islam dapat dilihat dari segi aspek-aspek sebagai berikut; (1). Aspek jasmani yang mana dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim juga dijelaskan bagaimana adab kita ketika makan, minum, tidur, dan menjaga kesehatan, (2). Aspek rohani, dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim dikaitkan dengan ketaatan kepada Allah swt, (3). Aspek akal yang berkaitan dengan akhlak tercela dan akhlak terpuji, yang mana manusia harus pandai-pandai memilih antara yang baik dan buruk, (4). Aspek sosial yang dalam kitab Adāb al-ʿĀlim Wa al-Mutaʿallim dikaitkan dengan adab kita terhadap orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 Jan 2022 04:22
Last Modified: 04 Jan 2022 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17522

Actions (login required)

View Item View Item