RELEVANSI MATERI HAID DENGAN MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KITAB RISALAT AL-MAHID KARYA MASRUHAN IHSAN)

Fauziyah, Fauziyah (2021) RELEVANSI MATERI HAID DENGAN MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH (STUDI KITAB RISALAT AL-MAHID KARYA MASRUHAN IHSAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210317429 FAUZIYAH PAI E-THESES.docx.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tentang haid yang terjadi pada setiap perempuan yang telah balig. Biasanya, awal terjadinya haid beberapa anak memiliki perasaan takut, malu, minder dan jijik sehingga menimbulkan keresahan pada anak. Hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan serta kebiasaan haid yang terjadi pada setiap perempuan berbeda-beda.
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui dan memahami apa saja materi haid dalam kitab Risalat al-Mahid. (2) Untuk mengetahui relevansi materi haid dalam kitab Risalat al- Mahid karya Masruhan Ihsan dengan Materi haid Fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji materi haid dan direlevansikan dengan materi haid fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah{. Teknik pengumpulan data melalui metode dokumentasi, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel yang berupa catatan, transkip, buku, agenda dan sebagainya. Pada teknik analisis data, penulis menggunakan content analysis atau analisis isi untuk mengambil pesan atau isi dari buku primer yaitu kitab Risalat al-Mahid serta buku sekunder dan referensi lain yang sesuai dengan pokok pembahasan dalam penelitian ini. Langkah dalam analisis isi yaitu, menentukan dan menetapkan desain atau model penelitiannya, mencari dan mengumpulkan data primer atau data pokok, menempatkan penelitian pada kondisi yang mempunyai keterkaitan dengan faktor-faktor lain yang juga mungkin berpengaruh.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diperoleh kesimpulan bahwa (1) materi haid dalam kitab Risalat al-Mahid meliputi (a) asal-usul haid (b) hikmah Allah Swt. memberikan haid (c) nama-nama haid dan hewan yang haid (d) perbedaan antara laki-laki dan perempuan (e) permulaan seorang perempuan mengalami haid (f) perempuan yang haid terkena 20 masalah (g) masa keluar dan masa suci (h) macam-macam darah haid (i) Mandinya orang berhadas besar, dan (j) sunnah mandi besar beserta adabnya (2) Relevansi materi haid dengan mata pelajaran fikih kelas VII Madrasah Tsanawiyah studi kitab Risalat al-Mahid karya Masruhan Ihsan adalah: (a) bab haid hampir seluruhnya sudah relevan diberikan kepada siswa Madrasah Tsanawiyah, sebagai pedoman dalam menjalankan syari’at Islam yang sudah menjadi kewajiban bagi orang yang sudah balig.(b) bab macamnya darah haid tidak semua materi dapat diberikan, seperti ketentuan masa haid disaat terjadi istihadoh dapat disampaikan pada tingkat selanjutnya, karena materinya sangat rumit untuk dipahami pada siswa tingkat Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 31 Dec 2021 07:06
Last Modified: 31 Dec 2021 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item View Item