...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 2 Ponorogo

Fitria, Faning Maulida (2021) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMKN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FANING MAULIDA FITRIA 211217022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fitria, Faning Maulida. 2021. Manajemen Pembelajaran Daring dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Aris Nurbawani, MM.
Kata Kunci : Manajemen, Pembelajaran Daring
Pada Maret 2020 WHO mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi, sedangkan COVID-19 pertama dilaporkan di Indonesia pada tanggal 2 maret 2020. Pemerintah membuat kebijakan yang bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, salah satunya yaitu penerapan social distancing. Dengan adanya kebijakan ini, banyak sekolah menerapkan pembelajaran daring. Kebijakan pelaksanaan pembelajaran daring diharapkan dapat membantu memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia. Walaupun dalam masa pandemi, sekolah penting memperhatikan mutu pendidikan, demikian juga SMK Negeri 2 Ponorogo. Dalam pencapaian tujuannya diperlukan manajemen pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikannya. Oleh karena itu, manajemen yang baik harus diupayakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan pembelajaran daring dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo (2) mengetahui dan mendeskripsikan pengorganisasian pembelajaran daring dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo (3) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo (4) mengetahui evaluasi pembelajaran daring dalam meningkatkan mutu pendidikan di SMK Negeri 2 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan teori Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi, ketekunan pengamatan, dan perpanjangan pengamatan
Hasil penelitian ini (1) perencanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Ponorogo yakni menentukan program untuk pengembangan SDM (pendidik, kependidikan dan peserta didik) dan mempersiapkan RPP pembelajaran daring. Selanjutnya, menentukan fasilitas yang akan digunakan selama pembelajaran daring. Setelah itu, menyusun program yang akan dilakukan dan menetapkan anggaran yang digunakan selama pembelajaran daring. (2) pengorganisasian pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Ponorogo, berawal dari turunnya SK pembelajaran daring dari pusat. Kepala sekolah mendelegasikan tugas kepada tenaga pendidik dan kependidikan SMK Negeri 2 Ponorogo sesuai dengan leading sektornya masing-masing. (3) pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Ponorogo diantaranya melaksanakan pelatihan IHT dan MGMP, membuat software bernama SIFOS, menyediakan ruangan free wifi, melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran daring, serta pemberian motivasi yang dilakukan rutin oleh kepala sekolah. SMK Negeri 2 Ponorogo melaksanakan kegiatan pembelajaran 50% daring dan 50 % tatap muka, dengan menggunakan aplikasi utama SIFOS dan aplikasi pendukung seperti whatsapp, e-learning edmodo dan youtube. Selama pembelajaran daring guru memberi tugas kepada siswa dalam bentuk video atau PDF, serta guru mengirim link goggle form dan link youtube mengenai materi yang disampaikan. (4) evaluasi di SMK Negeri 2 Ponorogo dilaksanakan 2 Minggu sekali. Hasil evaluasi menunjukan bahwa hambatan pembelajaran daring di SMK Negeri 2 Ponorogo, yaitu: SDM yang kurang mumpuni dalam menggunakan teknologi, kesulitan sinyal yang dialami sebagian siswa, sebagian wali siswa yang kurang memberi dukungan secara maksimal. Solusi yang dipilih yakni mengadakan pelatihan bagi tenaga pendidik dan kependidikan, menyediakan ruangan free wifi, serta melaksanakan pengarahan kepada wali siswa. Evaluasi yang dilakukan oleh guru salah satunya memberikan siswa tugas harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aris Nurbawani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:10
Last Modified: 30 Dec 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17494

Actions (login required)

View Item View Item