Implementasi Metode Amsilati dan Metode Sorogan dalam Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Gurah Kediri

Hana, Toha Nur (2021) Implementasi Metode Amsilati dan Metode Sorogan dalam Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'in Gurah Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317432_Toha Nur Hana_Skripsi Dummy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Hana Toha Nur. 2021. Implementasi Metode Amsilati dan Metode Sorogan dalam Membaca Kitab Kuning Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi'In Gurah Kediri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ahjuri,M.A.
Kata Kunci : Kemampuan membaca Kitab kuning, Metode Amstilati, Metode Sorogan

Metode Amtsilati merupakan metode praktis untuk mendalami kitab kuning yang dikarang oleh KH. Taufiqul Hakim. Metode Amtsilati ini merangkum alfiyah yang berjumlah 1000 bait . Dengan menerapkan metode ini dapat mempermudah para santri yang selama ini mengalami kesulitan dalam memahami kitab kuning. Metode sorogan sebenarnya merupakan metode yang modern, karena antara guru kyai dan santri saling mengenal satu sama lain dan guru menguasai benar materi yang seharusnya diajarkan. Murid juga belajar dan membuat persiapan sebelumnya. Demikian pula, guru telah mengetahui apa yang sesuai untuk murid dan metode apa yang harus diterapkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode amtsilati dan metode sorogan dalam membaca kitab kuning bagi santri di Pondhok Pesantren Gurah Kediri dan apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan metode Amtsilati dan metode sorogan dalam membaca kitab kuning santri di Pondhok Pesantren Gurah Kediri.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Deskiptif kualitatif yaitu penelitian yang mendeskripsikan gejala, peristiwa, fenomena nyata sebagaimana adanya pada saat penelitian sedang belangsung. Metode pengumpulan data dengan memakai menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan permasalahan yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa: 1) Metode Amtsilati telah terimplementasikan sebagai metode dalam membaca kitab kuning melalui beberapa tahapan yaitu: perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran. 2) Kelebihan dan Kelemahan menggunakan kedua metode ini yaitu: 1) Metode Amsilati kelebihannya adalah terjadi hubungan yang erat antara santri dan guru dan guru bisa secara langsung mengetahui pemahaman santrinya. Sedangkan kelemahannya adalah santri akan merasa cepat bosan karena mengedepankan mengedepankan hafalan. 2) Metode Sorogan kelebihannya adalah terjadi hubungan yang erat antara santri dan guru dan guru bisa secara langsung mengetahui pemahaman santrinya. Sedangkan kelemahannya adalah metode ini kurang efisien karena santri mudah bosan karena mengantri dan santri hanya menangkap verbalisme semata terutama mereka yang tidak mengerti terjemahan bahasa tertentu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 30 Dec 2021 02:04
Last Modified: 30 Dec 2021 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17486

Actions (login required)

View Item View Item