ANALISIS ETIKA BISNIS SYARIAH PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN(LKP) (Study Akad Hibah antara Peserta Kursus dengan LKP ISHAK Kabupaten Ponorogo)

Trisnawati, Dina (2018) ANALISIS ETIKA BISNIS SYARIAH PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN(LKP) (Study Akad Hibah antara Peserta Kursus dengan LKP ISHAK Kabupaten Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS DINA TRISNAWATI (21216039) A5.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Etika bisnis dalam Islam juga berfungsi sebagai controlling (pengatur) terhadap segala transaksi muamalah. Adapun pemberian uang, barang atau jasa dari pemerintah ataupun pemerintah daerah, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi. Dana hibah bertujuan untuk menunjang penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, seperti meminimalisir tingkat pengangguran suatu daerah, mengentas kemiskinan ataupun meningkatnya kesejahteraan di daerah tersebut. LKP ISHAK sebagai lembaga pendidikan non formal dan sebagai salah satu penerima dana hibah Pemerintah yang implementasinya,dari dana hibah yang diberikan, 50% -nya untuk rintisan usaha peserta, yakni sebesar Rp 27.000.000,- (dua puluh tujuh juta rupiah) hanya disalurkan sebesar Rp 16.500.000,-(enam belas juta lima ratus ribu rupiah) berupa clipper, yakni alat untuk pangkas rambut. sisa dana Rp 10.500.000,- (sepuluh juta lima ratus ribu rupiah) dihibahkan kepada pihak lain, oleh LKP ISHAK tanpa meminta persetujuan dari peserta didik. Tujuan dari penelitian ini merupakan upaya memaparkan Pelaksanaan Bisnis Syariah program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) dan menganalisis etika bisnis syariah yang diterapkan di LKP ISHAK terkait pada perjanjian tidak tertulis LKP ISHAK Kabupaten Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research dengan analisis induktif yakni dari pengumpulan data kemudian dilakukan reduksi data untuk memilih data yang relevan dengan masalah pokok yang diangkat dalam penelitian ini. Hasil Penelitian ini menunjukkan pelaksanaan kelompok PKW, LKP ISHAK memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat yang belum memiliki pekerjaan tetap atau bahkan pengangguran dengan pemberian kursus guna meningkatkan SDM peserta didik dan membuka lapangan pekerjaan yakni jasa potong rambut dan penanggung jawab dana hibah program sudah melaksanakan tugasnya sebagai penanggung jawab kegiatan dengan baik, meskipun masih ada kecurangan atas pengambilan hak orang lain (peserta didik) pada tindakan wanprestasi yang dilakukan oleh LKP ISHAK, tidak secara langsung dirasakan oleh para peserta didik, karena mereka sudah merasakan dampak dari adanya dana hibah pada program PKW.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Saifullah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Dwi Eliana Sari
Date Deposited: 29 Dec 2021 03:04
Last Modified: 29 Dec 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17484

Actions (login required)

View Item View Item