Implementasi Program Hafalan Juz Amma dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs AL-Basyariyah Lengkong Sukorejo

Yuliati, Eka Dewi (2021) Implementasi Program Hafalan Juz Amma dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs AL-Basyariyah Lengkong Sukorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317183_EKA DEWI YULIATI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yuliati, Eka Dewi. 2021. Implementasi Program Hafalan Juz Amma dalam Meningkatkan
Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional Siswa di MTs Al-Basyariyah
Lengkong Sukorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad
Heriyudanta, M.Pd.I
Kata Kunci: Hafalan Juz Amma, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional
Kecerdasan spiritual merupakan salah satu kecerdasan yang dimiliki oleh manusia selain
dari kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Orang yang memiliki kecerdasan
intelektual dan kecerdasan emosional tinggi, belum tentu memiliki perilaku yang baik. Namun
berbeda dengan orang yang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi yang paham akan makna
dalam kehidupan sehingga menjadi pribadi yang berakhlak terpuji. Tetapi masih banyak manusia
yang kecerdasan spiritualnya masih belum berkembang. Dengan adanya program hafalan Juz
Amma, siswa bisa menyadari bahwa kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional sangat
penting, sehingga dapat melahirkan generasi yang memiliki potensi dan perilaku yang baik serta
menjadi insan kamil. Berkaitan dengan hal tersebut dalam mengembangkan kecerdasan
emosional dan kecerdasan spiritual maka melaksanakan program hafalan Juz Amma yang diikuti
oleh seluruh siswa MTs Al-Basyariyah Lengkong
Berdasarkan penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk: (1)
mendeskripsikan program hafalan Juz Amma di MTs Al-Basyariyah Lengkong sukorejo, (2)
mendeskripsikan program hafalan Juz Amma bisa meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di
MTs Al-Basyariyah Lengkong Sukorejo, (3) mendeskripsikan program hafalan Juz Amma bisa
meningkatkan kecerdasan emosional siswa di MTs Al-Basyariyah Lengkong Sukorejo.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif.
Penelitian ini dilakukan di MTs Al-Basyariyah Lengkong Sukorejo. Penggumpulan data dapat
dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, sedangkan analisis data
menggunakan konsep Milles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) program hafalan Juz Amma di lakukan setiap
seminggu sekali. Sebelum setoran hafalan Juz Amma pembina tahfidz membacakan secara
berulang-ulang kemudian di dengarkan oleh siswa sambil menyimak buku pedomannya,
selanjutnya dibaca secara bersama-sama setelah dirasa sudah hafal maka bisa setoran secara
bergantian untuk menghadap ke pembina tahfidz. (2) Iya, hafalan Juz Amma dapat
meningkatkan kecerdasan spiritual siswa MTs Al-Basyariyah Lengkong, meningkatkan
kecerdasan spiritual pada siswa dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya metode
murojaah, wahdah, dan metode sami‟ yang mana dapat meningkatkan keimanan, keistiqomahan,
kedisiplinan serta kesabaran pada siswa. Selain itu, dapat menyebabkan siswa untuk selalu sabar,
ulet, serta mempunyai sikap empati kepada orang lain dengan begitu menolong orang dan
berbuat kebaikan. (3) Iya, hafalan Juz Amma dapat meningkatkan kecerdasan emosional siswa
MTs Al-Basyariyah Lengkong, hal tersebut dapat dilihat dari aspek kecerdasan emosional
diantaranya: aspek kesadaran diri yang mana siswa sadar ketika marah tidak boleh bantingbanting dan ketika ujian siswa memiliki kesadaran diri dengan mengerjakan sebisa mungkin
tanpa harus tanya maupun menyontek kepada temen. Mengelola emosi yang mana siswa
mengelolanya dengan mengalihkan ke hal yang lebih bermanfaat seperti berdzikir dan beristigfar
kepada Allah SWT. Memotivasi diri dengan ada sebuah punisment yang dapat membuat siswa
sadar dan menjadikan siswa lebih semangat. Empati siswa memiliki sikap sosialisasi yang tinggi
seperti menjenguk teman ketika terkena musibah dan membantu menyimak ketika teman butuh
bantuan. Membina hubungan seperti menghormati guru dan berkata sopan santun dan membantu
teman ketika butuh bantuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Dec 2021 02:23
Last Modified: 29 Dec 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17480

Actions (login required)

View Item View Item