implikasi konsep hak dan kewajiban suami istri dalam kitab adāb al-mu’āsharah karangan shaykh ahmad bin asmuni terhadap keharmonisan keluarga

Sari, Sayekti Nur Diana Nupita (2021) implikasi konsep hak dan kewajiban suami istri dalam kitab adāb al-mu’āsharah karangan shaykh ahmad bin asmuni terhadap keharmonisan keluarga. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317202_SAYEKTI NUR DIANA NUPITA SARI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kitab Adāb al- Mu’āsharah karangan shaykh Ahmad bin Asmuni adalah kitab yang membahas adab-adab suami istri, nasihat suami istri dan hak dan kewajiban suami istri. Keharmonisan dalam rumah tangga bisa terwujud jika pasangan suami istri bersama-sama menjalankan tugas-tugasnya dengan baik. Salah satu cara untuk mewujudkan keharmonisan dalam rumah tangga yaitu dengan menjalankan hak dan kewajibannya sebagai pasangan suami istri. Akan tetapi, realita yang terjadi pada saat ini banyak pasangan suami istri yang tidak memperhatikan hak dan kewajibannya sebagai suami istri, sehingga banyak masalah yang terjadi dan mengakibatkan keretakan dalam rumah tangga. Dengan adanya permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk meneliti tentang implikasi konsep hak dan kewajiban suami istri dalam bahwa kitab Adāb al-Mu’āsharah karangan shaykh Ahmad bin Asmuni terhadap keharmonisan keluarga.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hak dan kewajiban suami istri dalam kitab Adāb al-Mu’āsharah karangan shaykh Ahmad bin Asmuni dan menjelaskan implikasi konsep hak dan kewajiban suami istri dalam kitab Adāb al-Mu’āsharah karangan Shaykh Ahmad bin Asmuni terhadap keharmonisan keluarga.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian kepustakaan) dan studi teks. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder. Kemudian teknik analisis data menggunakan metode analisis konten, dengan cara penalaran induktif , penalaran deduktif, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Hak dan kewajiban suami istri dalam kitab Adāb al-Mu’āsharah karangan Shaykh Ahmad bin Asmuni meliputi hak suami dan istri yaitu mendapat perlakuan baik dari suami dan istri, mendapatkan kasih sayang dari istri, dan mendapatkan pendidikan mengenai kewanitaan dari suami. Kewajiban suami atas istri yaitu memberi mahar, memberi nafkah lahir dan batin, menjaga nama baik istrinya, menjadi panutan istri dalam berbuat baik kepada orang tua dan memuliakan istri. Kewajiban istri atas suami yaitu taat kepada suami, menjaga harta suami, memuliakan keluarga suami, menjaga kehormatan diri dan berhias di hadapan suami. 2) Konsep hak dan kewajiban suami istri dalam kitab Adāb al-Mu’āsharah karangan Shaykh Ahmad bin Asmuni mempunyai keterkaitan terhadap keharmonisan keluarga karena keharmonisan keluarga akan bisa terwujud jika pasangan suami istri saling membantu untuk melaksanakan hak dan kewajibannya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul Ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:17
Last Modified: 28 Dec 2021 05:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17469

Actions (login required)

View Item View Item