..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..implementasi kegiatan ekstrakurikuler kerohanian islam dalam menanamkan karakter religius siswa di smk pgri 2 ponorogo

Dilana, Velya Nova (2021) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..implementasi kegiatan ekstrakurikuler kerohanian islam dalam menanamkan karakter religius siswa di smk pgri 2 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317180_VELYA NOVA DILANA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dilana, Velya Nova. 2021. Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Kerohanian Islam dalam Menanamkan Karakter Religius Siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguran Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, M.A.
Kata Kunci: Ekstrakurikuler Kerohanian Islam, Karakter Religius, Siswa SMK PGRI 2 Ponorogo
Penelitian ini dilatarbelakangi karena menurunnya karakter siswa di sekolah disebabkan kurangnya kesadaran siswa terkait dengan karakter religius. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter pada siswa. Pendidikan dapat dilakukan di luar jam pembelajaran yaitu dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam. Dalam hal ini, kerohanian Islam sebagai wadah siswa dalam memperoleh pengetahuan dan wawasan keagamaan. Kegiatan kerohanian Islam dapat memberikan pembinaan keagamaan yang berorientasi pada nilai karakter Islami pada siswa diantaranya adalah karakter religius. Salah satunya adalah SMK PGRI 2 Ponorogo pendidikan karakter di sekolah dapat membentuk siswa dalam penanaman karakter religius melalui kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam diharapkan dapat menanamkan karakter religius siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo; (2) mendeskripsikan dampak kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo dan (3) mendeskripsikan hambatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanian Islam dalam menanamkan karakter religius siswa di SMK PGRI 2 Ponorogo.
Untuk mencapai penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanain Islam dilaksanakan di luar jam pembelajaran ada beberapa program yakni kegiatan harian dan mingguan seperti pembinaan baca Al-Qur’an, sholat dhuhur berjamaah, sholat Jum’at, dan Jum’at amal. Kegiatan kerohanian Islam tersebut dilaksanakan untuk mewadahi siswa agar bisa memahami, menghayati serta mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan. (2) Dampak pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanain Islam dalam menanamkan karakter memberikan dampak yang positif diantaranya adanya peningkatan karakter religius siswa hal tersebut terlihat siswa lebih istiqomah dalam hal ibadah seperti sholat dhuhur dan tilawah baca Al-Qur’an, memiliki sikap jujur, disiplin, bermanfaat bagi orang lain dalam kegiatan Jum’at amal, memiliki sikap rendah hati, dan keseimbangan serta serta siswa dapat menjadi suri tauladan terhadap siswa yang lain. (3) Hambatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler kerohanain Islam dalam menanamkan karakter religius siswa yaitu kurangnya partisipasi siswa ketika berkumpul dalam suatu kegiatan, dan kurangnya minat siswa dalam memanfaatkan fasilitas yang ada di sarana prasarana Rohis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:14
Last Modified: 28 Dec 2021 05:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item