Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Al-Qur'an Santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022

Nimah, Isni Khoirun (2021) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Teman Sebaya terhadap Motivasi Belajar Al-Qur'an Santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317182_ISNI KHOIRUN NIMAH_PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Nimah, Isni Khoirun. 2021, Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Teman Sebaya Terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.

Kata Kunci : Pola Asuh Orang Tua, Teman Sebaya, Motivasi Belajar Al-Qur’an.
Lingkungan keluarga merupakan lembaga pendidikan pertama yang diterima oleh anak. Peran keluarga yakni sebagai upaya penanaman dasar pendidikan Islam yang penting dalam perkembangan anak. Apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat maka akan membentuk pribadi anak yang baik. Sebaliknya jika orang tua merasa acuh terhadap pendidikan anak maka akan berpengaruh terhadap pribadi anak kedepan. Hal tersebut nampak bahwa pola asuh dapat memberikan pengaruh pada kehidupannya kelak. Pembinaan tersebut perlu dilakukan sejak kecil dan bertahap sesuai pembiasaan dan keteladanan.
Interaksi sosial yang kedua yaitu teman sebaya. Pergaulan dengan teman sebaya menjadi penting karena memberikan pengaruh terhadap kehidupan anak saat remaja. Ketika remaja anak dapat menunjukkan jati dirinya ketika bergaul dengan teman sebaya. Teman sebaya merupakan faktor yang dapat memberikan pengaruh pada kehidupan individu dan sosial. Keberadaan teman sebaya dapat membantu anak ketika mempunyai masalah sosial misalnya tentang keluarga maupun sekolah. Perkembangan individu akan terbantu secara sosial karena ada dukungan dari teman sebaya.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022 (2) menjelaskan pengaruh teman sebaya terhadap motivasi belajar Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) menjelaskan pengaruh pola asuh orang tua dan teman sebaya terhadap motivasi belajar Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda Nampan Sukorejo Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang datanya berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh yaitu dengan mengambil seluruh populasi sejumlah 50 santri di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda. Teknik analisis data yang digunakan yakni regresi linear sederhana. Instrumen pengumpulan data yakni menggunakan observasi, angket dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa; (1) Pola asuh orang tua berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Al-Qur’an santri di Madrasah Diniyah Thoriqul Huda, dalam katagori sedang dengan presentase sebesar 19.3 %. (2) Teman Sebaya berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda dalam kategori sedang dengan presentase 24 %. (3) Pola Asuh Orang Tua dan Teman Sebaya berpengaruh signifikan terhadap Motivasi Belajar Al-Qur’an santri Madrasah Diniyah Thoriqul Huda, dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 34,1 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:13
Last Modified: 28 Dec 2021 05:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17465

Actions (login required)

View Item View Item