..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Pondok Pesantren An-Najiyyah Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajar 2020/2021

Hanifah, Rifatul (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Pondok Pesantren An-Najiyyah Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajar 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317189_RIFATUL HANIFAH_ PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hanifah, Rifatul. 2021. Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Pondok Pesantren An-Najiyyah Terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M. Pd. I.
Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Lingkungan Pondok Pesantren, Minat Belajar, Mata Pelajaran Fiqih.

Minat belajar adalah rasa suka atau ketertarikan pada suatu pelajaran yang dapat menimbulkan perubahan perilaku pada diri siswa yang relatif tetap untuk lebih memperhatikan terhadap aktivitas tanpa ada yang menyuruh, Minat pada dasarnya merupakan penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat hubungannya, semakin besar minatnya. Adapun untuk menimbulkan minat harus ada faktor yang mempengaruhinya baik berasal dari dalam maupun dari luar, sedangkan faktor dari luar adalah lingkungan, lingkungan yang dimaksud dalam penelitian ini adalah lingkungan sekolah dan lingkungan pondok pesantren An-Najiyyah. Lingkungan sekolah merupakan tempat dia belajar setiap hari dan lingkungan pondok pesantren adalah tempat siswa tinggal atau menetap yaitu di pondok pesantren. Dengan banyaknya siswa yang memiliki minat belajar yang rendah, dapat diindetifikasi dalam bentuk gejala tingkah laku siswa dalam pembelajaran. Seperti kenyataanya di MTs An-Najiyyah Lengkong, saat pembelajaran Fiqih siswa sulit dikendalikan, siswa tidak mendengarkan penjelasan guru, bermain sendiri, tidur di kelas, bolos, bahkan tidak mau untuk mengerjakan tugas yang diberikan kepada gurunya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong tahun pelajaran 2020/2021, 2) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan pondok pesantren An-Najiyyah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong tahun pelajaran 2020/2021, 3) Ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dan lingkungan pondok pesantren An-Najiyyah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong tahun pelajaran 2020/2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional merupakan penelitian yang dimaksudkan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel, pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah yang tinggal di pondok pesantren dengan sampel 40 siswa. Analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana, dan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS Versi 22.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Lingkungan Sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansinya < 0,05. 2) Lingkungan Pondok Pesantren An-Najiyyah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansinya < 0,05. 3) Lingkungan Sekolah dan Lingkungan pondok pesantren An-Najiyyah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII dan VIII MTs An-Najiyyah Lengkong Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan nilai signifikansinya < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:11
Last Modified: 28 Dec 2021 05:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17464

Actions (login required)

View Item View Item