pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas vii di mts ma’arif sukosari ponorogo

Agustin, Lutfi Nur Rizki (2021) pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas vii di mts ma’arif sukosari ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317213_LUTFI NUR RIZKI AGUSTIN_ PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nur Rizki Agustin, Lutfi. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mts Ma’arif Sukosari Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing skripsi Ali Ba’ul Chusna M.S.I.

Kata Kunci : Penggunaan Media Audio Visual, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penjajahan awal pada kegiatan proses belajar mengajar di MTs Ma’arif Sukosari Ponorogo, dalam kegiatan proses belajar mengajar ditemui ada siswa yang memiliki motivasi belajar yang rendah, dapat dibuktikan dengan adanya siswa yang tidur di dalam kelas, dan ramai dengan temanya ketika proses belajar mengajar berlangsung. Kondisi seperti ini bisa disebabkan oleh rendahnya motivasi yang ada dalam diri siswa tersebut. Selain faktor rendahnya motivasi, ada faktor lain yang dapat mempengaruhinya seperti metode mengajar guru yang kurang menarik dan bervariasi. Semua faktor ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, dimana diketahui bahwa 53,81% dari jumlah 26 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dan tepat dengan topik pembahasan akan memotivasi siswa untuk aktif, dan kreatif dalam proses belajar mengajar. Jika motivasi siswa tinggi maka dia akan lebih mudah untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru, sehingga dapat menghasil kan hasil belajar yang tinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di MTs Ma’arif Sukosari Ponorogo, (2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di Mts Ma’arif Sukosari Ponorogo, (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII di Mts Ma’arif Sukosari Ponorogo.
Jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan pendekatan yang bersifat regresi.Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi linier ganda dengan menggunakan SPSS versi 26.0.Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh.Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Adapun hasilnya yaitu: (1)Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Ma’arif Sukosari Ponorogo dengan hasil persentase sebesar 95,2%, (2) Ada pengaruhmotivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Ma’arif Sukosari Ponorogo dengan hasil persentase sebesar 95,6%, (3) Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs Ma’arif Sukosari Ponorogo dengan hasil persentase sebesar 98,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 05:07
Last Modified: 28 Dec 2021 05:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17463

Actions (login required)

View Item View Item