..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN SERTA TAMBAHKAN MATERAI, UPLOAD ULANG)..penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-qur’an di pondok pesantren darul falah sumberejo sukorejo ponorogo

FATHUL AFWA, THOHRI (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN SERTA TAMBAHKAN MATERAI, UPLOAD ULANG)..penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-qur’an di pondok pesantren darul falah sumberejo sukorejo ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317388_THOHRI FATHUL AFWA_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo telah mengembangkan penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an agar menjadi tenaga profesional serta pembinaan program tahfidz al-Qur’an dengan visi mencetak generasi yang beriman, bertaqwa, unggul, terampil, cerdas dan berakhlakul karimah. Berkaitan dengan hal tersebut, maka peneliti melakukan penelitian tentang pelaksanaan penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an dan dampak penguatan mutu sumber daya guru tahfidz terhadap kemampuan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tujuan dari penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an, mendeskripsikan pelaksanaan penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an dan untuk mengalisis dampak penguatan mutu sumber daya guru tahfidz terhadap kemampuan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut; reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan temuan.
Hasil penelitian ini adalah; (1) Tujuan dari penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah yaitu meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan dan meningkatkan kerjasama demi mencapai visi, misi serta tujuan dari Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo, (2) Pelaksanaan penguatan mutu sumber daya guru tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah yaitu melalui kegiatan pelatihan yang berupa arahan-arahan tugas yang diemban, mutu sumber daya manusianya, cara mengajar yang baik, bagaimana menjadi guru teladan dan cara memotivasi siswa, (3) Dampak penguatan mutu sumber daya guru tahfidz terhadap kemampuan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darul Falah yaitu kemampuan menghafal santri mengalami peningkatan, motivasi santri semakin tinggi dan kemampuan masing-masing santri yang baik akan berdampak kepada mutu lulusan santri tahfidz al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Falah Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Dec 2021 02:05
Last Modified: 28 Dec 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17457

Actions (login required)

View Item View Item