...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI/BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...Pelaksanaan Ritual Ajaran Tarekat Qodariyab Wa Naqsabandiyah Di Masjid Al-Fattah Desa Ronosentana Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo

Patoni, Imam (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DENGAN TTD ASLI/BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)...Pelaksanaan Ritual Ajaran Tarekat Qodariyab Wa Naqsabandiyah Di Masjid Al-Fattah Desa Ronosentana Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317051_IMAM PATONI_SKRIPSI. PDF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Patoni, Imam. 2021.Pelaksanaan Ritual Ajaran Tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah dan Dampaknya Di Masjid Al-Fattah Desa Ronosentanan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr.Sugiyar,M.Pd.I.
KataKunci:Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah, dan Dampak.

Perkembangan agama Islam masyarakat ponorogo di dominasi ajaran Islam yang bercorak ajaran tasawuf, praktek kegiatan tasawuf yang berkembangan di Kabupaten Ponorogo melalui ajaran tarekat. Masyarakat lebih tertarik untuk mencari harta, jabataan dan kekayaan dunia. Ibadah dan akhlak kurang di perhatikan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi manusia akan bertambah umur dan akan menghadapi kematian. Untuk menghindari hal-hal buruk di atas masyarakat Desa Ronosentanan Kecamatan Siman ada tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah yang di laukan dengan cara-cara baiat, suluk, rabithah, khususiyah, dan manaqiban.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Masjid Al-Fattah Desa Ronosentanan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo; (2) Untuk menegetahui dampak ajaran tarekar Qadiriyah wa Naqsyabandiyah di Masjis Al-Fattah Desa Ronosentanan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) di lakukan dengan mengamati feonomena alamiah yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observvasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknikanalisis data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah teknikanalisis data Creswell dengan teknik: mengorganisasikan data; membaca dan membuat memo; mendeskripsikan, mengklasifikasikan, dan menafsirkan data menjadikode dan tema;menafsirkan data; menyajikan dan menvisualisasikan data.
Adapun hasilpenelitian“Pelaksanaan Ritual Ajaran Tarekat Qadiriyah Wa Naqsyabandiyah Dan Dampaknya Di Masjid Al-Fattah Desa Ronosentanan Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo”,(1) Kegiatan Trekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah yang ada di Desa Ronosentanan Kecamatan Siman ini meliputi baiat, suluk kenaikan tingkat bagi jamaah tarekat yang di lakukan setahun sekali, manaqiban, rabithah, khataman terdapat beberapa tahapan dalam khataman diantaranya salat sunah, khataaman robbaniyah, khususiyah, mejelis ta’lim, sarasehan, kegiatan ini dilakukan oleh jamaah secara rutin dan (3) Dampak ajaran Trekat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah terhadap religiusitas masyarakat ini sangat baik terlihat dari banyaknya hal positif yang dimunculkan oleh para jamaah setelah mengikuti ajaran tarekat Qadiriyah wa Naqsyabandiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:45
Last Modified: 27 Dec 2021 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17456

Actions (login required)

View Item View Item