...(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)..Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Xii Di Ma Ma’arif Klego Ta 2020/2021

Munasiroh, Luluk Martina (2021) ...(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)..Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dan Minat Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas Xii Di Ma Ma’arif Klego Ta 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI 210317083 LULUK MARTINA MUNASIROH E_THESIS.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Munasiroh, Luluk Martina. 2021.Pengaruh Penggunaan Metode Resitasi dan Minat terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas XII di MA Ma’arif Klego TA 2020/2021.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Andhita Dessy Wulansari, M.Si.
Kata Kunci: Metode Resitasi, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Hasil belajar akidah akhlak adalah proses perubahan kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang mencakup aspek kognitif, efektif dan psikomotor pada mata pelajaran akidah akhlak setelah melalui proses pembelajaran. Pembelajaran akidah akhlak sangat berpengaruh bagi kehidupan, guna bertambahnya pengetahuan dan pemahaman maka akan berpengaruh pula terhadap perilaku akhlak yang baik. Namun berbeda pada MA Ma’arif Klego Ponorogo, khususnya kelas XII hasil belajar akidah akhlak masih rendah. Hal ini diketahui berdasarkan hasil observasi, bahwa banyak siswa yang mendapatkan nilai UAS di bawah KKM sehingga penggunaan metode yang kurang tepat dapat mempengaruhi hasil belajar akidah akhlak dan sikap semangat siswa belajar menjadi berkurang. Pada pernyataan diatas perlu diadakannya penelitian ini guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan sikap antusias siswa dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode resitasi terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MA Ma’arif Klego; (2) mengetahui adakah pengaruh minat belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MA Ma’arif Klego; (3) mengetahui adakah pengaruh penggunaan metode resitasi dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MA Ma’arif Klego. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode Expost Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di MA Ma’arif Klego Ponorogo, yaitu sejumlah 70 anak. Instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) Penggunaan metode resitasi berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak siswakelas XII di MA Ma’arif Klego, Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 19,8%. (2) Minat siswa berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MA Ma’arif Klego Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 15,3%. (3) Penggunaan metode resitasi dan minat berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar akidah akhlak siswa kelas XII di MA Ma’arif Klego Ponorogo, dengan pengaruh sebesar 21,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:42
Last Modified: 27 Dec 2021 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17455

Actions (login required)

View Item View Item