Studi Perspektif Mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam Meningkatkan Etos Kerja Pendidik

Saroman, Nur Hidayatulloh (2021) Studi Perspektif Mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam Meningkatkan Etos Kerja Pendidik. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahasiswa PGMI IAIN Ponorogo dituntut untuk bisa banyak hal, karena dipersiapkan untuk guru kelas. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan etos kerja pendidik. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan etos kerja pendidik yaitu tepat waktu, menjadi professional, disiplin dan bertanggung jawab.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam meningkatkan etos kerja pendidik dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat mahasiswa Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam meningkatkan etos kerja pendidik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Sedangkan untuk jenis penelitian, penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi Perspektif. Yaitu suatu penelitian kualitatif yang berusaha menemukan makna, menyelidiki proses dan memperoleh pengertian dan pemahaman yang mendalam dari pandangan peneliti dilihat berdasarkan beberapa teori para ahli atau orang lain yang telah melakukan penelitian dengan objek atau teori yang sama yang dapat dijadikan rujukan dalam penulisan laporan. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa: (1) upaya mahasiswa jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo dalam meningkatkan etos kerja adalah dimana motivasi, semangat tinggi, bisa memanajemen waktu, mempunyai cita-cita atau harapan yang tinggi, kreatif, tekun, ikhlas dalam berkerja merupakan hal yang harus ada untuk terciptanya suasana hati yang menyenangkan dan tentunya membuat mahasiswa menjadi giat dan bersemangat dalam meningkatkan etos kerja (2) faktor pendukung dalam upaya meningkatkan etos kerja adalah adalah Pendidikan, meningkatnya kualitas penduduk dapat tercapai apabila ada pendidikan yang merata dan bermutu, disertai dengan peningkatan dan perluasan pendidikan, keahlian dan keterampilan, sehingga semakin meningkat pula aktivitas dan produktivitas mahasiswa. Kemudian agama, cara berpikir, bersikap dan bertindak seseorang pasti dipengaruhi oleh agamanya jika menganut agama dengan sungguh-sungguh. Dan untuk faktor penghambatnya adalah terkait pergaulan dan pengaruh lingkungan sekitar. Di zaman sekarang kita harus bisa memilih meneliti pergaulan yang baik dan lingkungan yang baik, karena kalau kita salah memilih pergaulan dan memilih lingkungan yang tidak baik maka itu akan menghambat etos kerja dalam diri kita. Cara untuk mengatasi hal tesebut kita harus mempunyai pendirian yang kuat, menghargai antar sesama supaya kita baik dan tidak terpengaruh hal-hal yang negatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:40
Last Modified: 27 Dec 2021 01:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17454

Actions (login required)

View Item View Item