Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Pada Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Sub Mojo Ranting Pulung

Wakhidah, Luthfia Nur (2021) Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Pada Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Sub Mojo Ranting Pulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317075_LUTHFIA NUR WAKHIDAH_SKRIPSI DUMMY.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Wakhidah, Luthfia. 2021. Penanaman Nilai-Nilai Toleransi Pada Warga Persaudaraan Setia Hati Terate Sub Mojo Ranting Pulung. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo , Pembimbing, Ahmad Nu`Man Hakiem, M.Ag.

Kata Kunci : Nilai-nilai, Toleransi, Persaudaraan Setia Hati Terate
Nilai-nilai toleransi, merupakan suatu perbuatan yang ditanamkan dalam diri agar selalu bersikap lapang dada, menghargai, memahami, serta memperbolehkan seseorang untuk mempunyai keyakinan yang berbeda, baik dari segi agama, budaya, suku, pendirian, pendapat serta sebagainya yang beda dengan keyakinan diri kita. Salah satu yang dapat menanamkan nilai-nilai toleransi adalah pada organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate mempunyai tujuan yang mulia yaitu membentuk manusia berbudi luhur tahu benar dan salah serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana menanamkan nilai-nilai toleransi pada warga Persaudaraan Setia Hati Terate di Dusun Mojo, dan untuk mengetahui apa saja kendala dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada warga Persaudaraan Setia Hati Terate di Dusun Mojo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Penananaman nilai-nilai toleransi pada warga Persaudaraan Setia Hati Terate di Dusun Mojo dilakukan dengan memberikan keteladanan , pemberian materi yang sesuai dengan nilai toleransi dan pembiasaan salaman. 2) Kendala dalam menanamkan nilai-nilai toleransi pada warga Persaudaraan Setia Hati Terate di dusun Mojo adalah karena menurunnya rasa persaudaran dan tidak semua warga dan pelatih bisa menjadi contoh yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu`man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:37
Last Modified: 27 Dec 2021 01:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17453

Actions (login required)

View Item View Item