Pengaruh keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar PAI anggota IPNU-IPPNU Badegan pada tingkat SMA angkatan 2020-2021

Afifah, Aris Maratul (2021) Pengaruh keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar PAI anggota IPNU-IPPNU Badegan pada tingkat SMA angkatan 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317146_ARIS MARATUL AFIFAH_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Aris Maratul Afifah, 2021. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi
Dan Manajemen Waktu Terhadap Prestasi Belajar PAI
Anggota IPNU-IPPNU Badegan Pada Tingkat SMA
Angkatan 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama
Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing
Dr.Afif Syaiful Mahmudin, M.Pd.I
Kata Kunci: Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu,
Prestasi Belajar.
Prestasi dalam belajar adalah hasil dari pengukuran
terhadap peserta didik yang meliputi faktor kognitif, afektif, dan
psikomotorik setelah mengikuti proses pembelajaran yang
diukur dengan menggunakan instrument tes atau instrument
yang relevan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal
maupun faktor eksternal. Salah satu faktor internal yang
mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah manajemen waktu.
Manajemen waktu merupakan pengorganisasian terhadap waktu
yang dimilikinya. Kemudian salah satu faktor eksternal yang
mempengaruhi prestasi belajar adalah keaktifan berorganisasi.
Upaya peningkatan untuk mencapai prestasi belajar yang
memuaskan tidak hanya melakukan pemenuhan pada aspek
input dan output saja, namun yang lebih penting adalah aspek
proses, yang dimaksud adalah pengelolaan waktu, proses belajar
mengajar, maupun kegiatan siswa di luar jam sekolah.
Mengikuti suatu organisasi tentunya akan memberikan dampak
yang positif maupun negatif terhadap prestasi belajar siswa.
Agar dalam mengikuti suatu organisasi memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi belajar, seorang siswa harus
memiliki manajemen waktu yang baik.
Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui
pengaruh yang signifikan antara keaktifan organisasi terhadap
prestasi belajar anggota IPNU-IPPNU Badegan, (2) Untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan antara manajmen waktu
terhadap prestasi belajar anggota IPNU-IPPNU Badegan, (3)
Untuk mengetahui pengaruh signifikan antara keaktifan
organisasi dan manajemen waktu terhadap prestasi belajar
anggota IPNU-IPPNU Badegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif,
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan
dokumentasi. dengan jumlah sampel 39 anggota. Dalam
penelitian ini, semua anggota dijadikan sampel. Serta
menggunakan analisis regresi linier sederhana dan berganda
sebagai metode analisis data.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa 1)
Keaktifan berorganisasi tidak berpengaruh secara signifikan
terhadap prestasi belajar PAI anggota IPNU-IPPNU Badegan
tingkat SMA, dengan nilai Sig.-nya (P-value) sebesar 0,418.
Dengan demikian dapat diperoleh kesimpulan bahwa P-value
(0,418) > α (0,05) maka terima H0, 2) Manajemen waktu tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar anggota
IPNU-IPPNU Badegan tingkat SMA, dengan nilai Sig.-nya (P-
value) sebesar 0,490. Dengan demikian dapat diperoleh
kesimpulan bahwa P-value (0,490) > α (0,05) maka terima H0,
3) Keaktifan berorganisasi dan manajemen waktu tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar anggota
IPNU-IPPNU Badegan tingkat SMA, dengan nilai Sig.-nya (P-
value) sebesar 0,775. Dengan demikian dapat diperoleh
kesimpulan bahwa P-value (0,775) > α (0,05) maka terima H0.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:35
Last Modified: 27 Dec 2021 01:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17452

Actions (login required)

View Item View Item