...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...KONSEP AKHLAK SUAMI DAN ISTRI DALAM KITAB AL- ADAB FῙ AL- DῙN KARYA IMAM AL- GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI FIKIH KELUARGA DI PRODI PAI

Lutkurriyah, Lujeng (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...KONSEP AKHLAK SUAMI DAN ISTRI DALAM KITAB AL- ADAB FῙ AL- DῙN KARYA IMAM AL- GHAZALI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI FIKIH KELUARGA DI PRODI PAI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210317108_LUJENG LUTKURRIYAH_Etheses.docx

Download (394kB)

Abstract

ABSTRAK
Lutkurriyah, Lujeng. 2021. Konsep Akhlak Suami dan Istri dalam Kitab al-Adab fi> al-Di>n Karya Imam al- Ghazali dan Relevansinya dengan Materi Fikih Keluarga di Prodi PAI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mughniatul Ilma, M.H.

Kata kunci : Akhlak, Suami dan istri, Fikih Keluarga.

Kitab al-Adab fi> al-Di>n merupakan kitab karangan Imam al-Ghazali. Penelitian ini fokus pada konsep akhlak suami dan istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n. Hal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsep akhlak suami dan istri dalam kehidupan berkeluarga. Karena kehidupan keluarga pada saat ini banyak yang mengalami kegagalan disebabkan oleh rendahnya akhlak suami dan istri. Sehingga banyak kasus kekerasan dalam rumah tangga dan kasus perceraian. Karena itu, perlu adanya kajian terkait konsep akhlak suami dan istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n karya Imam al- Ghazali dan relevansinya dengan materi Fikih Keluarga di Prodi PAI.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan konsep akhlak suami dan istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n karya Imam al-Ghazali, 2) Untuk memaparkan relevansi konsep akhlak suami dan istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n karya Imam al-Ghazali dengan materi fikih keluarga di Prodi PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian pustaka (library research). Penelitian ini dilaksanakan dengan bertumpu dengan data-data kepustakaan, yakni dengan mengkaji kitab al-Adab fi> al-Di>n kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau analisis isi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep akhlak suami dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n ada 12 poin, diantaranya: berinteraksi dengan baik, bertutur kata yang lembut, menunjukkan cinta kasih, bersikap lapang ketika sendiri, dan lain-lain. Sedangkan konsep akhlak istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n ada 16 poin, diantaranya: selalu merasa malu, tidak banyak mendebat, senantiasa taat atas perintah suami, diam ketika suami sedang berbicara, dan lain-lain. (2) Relevansi konsep akhlak suami dan istri dalam kitab al-Adab fi> al-Di>n karya Imam al-Ghazali dengan materi Fikih Keluarga di Prodi PAI adalah semuanya memiliki padanan dengan materi yang bersifat konseptual, yaitu disajikan dalam bentuk poin-poin dengan bahasa ringan dan mudah dipahami

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mughniatul ilma
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Dec 2021 01:31
Last Modified: 27 Dec 2021 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item View Item