Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMPN 3 Kismantoro

Rahma, Annisa Nur (2021) Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus di SMPN 3 Kismantoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317134 ANNISA NUR RAHMA PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nur Rahma, Annisa. 2021. Pemanfaatan Media Google Classroom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPN 3 Kismantoro). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Sugiyar,M.Pd.I.

Kata Kunci : Pemanfaatan Media, Google Classroom, PAI.

Penyebaran Covid-19 yang pasif dan relatif cepat membuat warga masyarakat merasa khawatir. Semua orang harus tinggal di rumah selama waktu tertentu guna memutus penularan virus tersebut. Covid-19 berdampak serius di segala bidang, termasuk pendidikan. Sekolah harus mendorong seluruh guru dan siswanya untuk tinggal di rumah. Kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka kini harus diubah menjadi pembelajaran online sebagaimana instruksi menteri pendidikan.Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi diperoleh data bahwa Google Classroom dapat menjadi solusi sebagai media pembelajaran online selama kondisi darurat pandemi covid-19.Google Classroom sebagai media pembelajaran online di Sekolah/Madrasah dapat dimanfaatkan dengan baik.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui pemanfaatan media Google Classroom dalam pembelajaran PAI pada masa pandemi Covid-19 di SMPN 3 Kismantoro. (2) Mengetahui faktor penghambat dan penunjang pembelajaran online melalui Google Classroom dalam pembelajaran PAI di SMPN 3 Kismantoro. (3) Mengetahui dampak dari penggunaan Google Classroom bagi siswa sebagai media pembelajaran PAI di SMPN 3 Kismantoro.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Kepala madrasah, guru agama dan siswi SMPN 3 Kismantoro. Dalam teknik pengumpulan data Peneliti menggunkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang dilengkapi dengan teknik pengkodean.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pemanfaatan Media Google Classroom siswa dapat menggunakan fitur-fitur yang tersedia secara maksimal. Pemanfaatannya dimulai perencanaan RPP, Menyiapkan media Google Classroom, metode serta strategi. (2) Dampak dari penggunaan Google Classroom bagi siswa yakni sudah berhasil mendorong siswa untuk disiplin dan memahami materi yang disampaikan. Sedangkan dampak negatifnya adalah siswa menjadi malas belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Dec 2021 06:34
Last Modified: 24 Dec 2021 06:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17440

Actions (login required)

View Item View Item