upaya menumbuhkan budaya religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di mts darul muna ponorogo

Febriani, Eggi Rita (2021) upaya menumbuhkan budaya religius melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan di mts darul muna ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317226_EGGI RITA FEBRIANI_PENDDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Febriani, Eggi Rita. 2021. Upaya Menumbuhkan Budaya Religius Melalui Kegiatan
Ekstrakurikuler Keagamaan Di MTs Darul Muna Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Terbiyah Dan Ilmu Keguruan, Institut Agama
Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci : Budaya Religius, Ekstrakurikuler Keagamaan.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya program di luar jam pelajaran sekolah yaitu kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan yang dilaksanakan di MTs Darul Muna Ponorogo dalam rangka
membentuk budaya religius siswa. Selain itu, juga dilatarbelakangi oleh kondisi budaya religius
siswa yang masih kurang. Bagaimana bentuk kegiatannya, bagaimana pelaksanaannya, faktor
yang melatarbelakanginya dan implikasi dari pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan dasar itulah
yang mendorong penulis melakukan penelitian tentang upaya Mts Darul Muna Ponorogo dalam
rangka membentuk budaya religius siswanya melalui kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses pelaksanaan ekstrakurikuler
keagamaan di Mts Darul Muna Ponorogo, (2) faktor penghambat dan faktor pendukung
pembentukan budaya religius siswa kelas VIII Mts Darul Muna Ponorogo, (3) implikasi
ekstrakurikuler keagamaan dalam membentuk budaya religius siswa kelas VIII Mts Darul Muna
Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi
kasus, pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumetasi. Kemudian
data tersebut di analisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan teknik
ini menggunakan tekniknya Miles and Huberman.
Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) kegiatan ekstrakurikuler keagamaan merupakan
suatu kegiatan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran baik bertempat di lingkungan sekolah
maupun di luar lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menumbuhkan
budaya religius siswa MTs Darul Muna Ponorogo, siswa berperan aktif dalam pelaksanaan
kegiatan ini. Kegiatan ini direncanakan untuk menumbuhkan budaya religius siswa serta untuk
mengasah bakat dan minat siswa, agar mereka memiliki keahlian khusus selain dalam bidang mata
pelajaran. Adapun pelaksanaannya yaitu diawali dengan tahap pengenalan, kemudian
penyampaian tujuan dari kegiatan tersebut, dilanjutkan dengan tahap pengajaran, dan yang terakhir
yaitu tahap evaluasi.(2) dalam proses membentuk karakter religius siswa tentunya dipengaruhi
oleh beberapa faktor baik itu faktor pendukung maupun faktor penghambatnya. Faktor-faktor
tersebut tidak lain berasal dari diri sendiri, keluarga, teman, dan lingkungan sekitar (3) implikasi
dari kegiatan-kegiatan tersebut: a) Implikasi dari kegiatan ekstrakurikuler seni hadroh tradisional
diantaranya yaitu siswa memiliki kebiasaan-kebiasaan yang baik seperti lebih senang melantunkan
syair shalawat daripada lagu-lagu barat, menjadikan shawalat sebagai penenang hati; b) Implikasi
dari kegiatan ekstrakurikuler latihan khitobah adalah siswa menjadi lebih bertangungg jawab
ketika diberi amanah, dapat membedakan tatacara berbicara dengan orang tua, guru, dan teman
sebayanya; c) Implikasi dari kegiatan ekstrakurikuler tahfidz adalah menjadikan siswa lebih
banyak bersabar, amanah, dan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2021 03:20
Last Modified: 23 Dec 2021 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17430

Actions (login required)

View Item View Item