...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM NEGERI 5 MENARA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS 5 MI

Istiqomah, Fitria Nur (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM NEGERI 5 MENARA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI AKIDAH AKHLAK KELAS 5 MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210617085_FITRIA NUR ISTIQOMAH_SKRIPSI.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Istiqomah, Fitria Nur. 2021. Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Negeri 5 Menara dan Relevansinya dengan MateriAkidah Akhlak Kelas 5 MI. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Tintin Susilowati, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Film Negeri 5 Menara, Materi Akidah Akhlak Kelas 5 MI

Penelitian ini dilatar belakangi dengan kemorosotan akhlak pada anak-anak usia dini. Merosotnya nilai pendidikan akhlak ini kembali kepada individu masing-masing. Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan setiap manusia, sejak lahir manusia sudah dikelilingi oleh pendidikan sekitarnya. Nilai pendidikan akidah akhlak adalah pembentukan perilaku baik yang menumbuhkan nilai moral kepada manusia yang akan mempengaruhi tingkah laku manusia tersebut. Pembentukan akhlak sangat penting dimulai dari anak usia dini karena disitulah anak memiliki rasa ingin tahu yang besar, berkepribadian yang unik, aktif dan energik. Film Negeri 5 Menara adalah salah satu film pendidikan yang digarap oleh Kompas Gramedia Production bersama Million Pictures. Film ini adalah adaptasi dari novel karya Ahmad Fuadi yang berjudul Negeri 5 Menara. Film ini disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman dan juga mengambil lokasi syuting di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo Jawa Timur.
Penelitian ini bertujuan (1) mengungkapkan nilai-nilai pendidikan akhlak atau muatan edukatif yang terdapat dalam film Negeri 5 Menara (2) mengetahui relevansi nilai-nilai materi akhlak dalam film Negeri 5 Menara terhadap materi akidah akhlak kelas 5 mi pada saat itu.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, metode penelitian ini disusun menggunakan pendekatan penelitian library research (kepustakaan) dengan metode penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah observasi dan Dokumentasi, pengumpulan datanya ada 3 yaitu eksploratif, deskriptif dan kausal. Teknik analisisdata menggunakan metode analisis isi.Sumber data yang digunakan adalah Film Negeri 5 Menara. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data literer.
Berdasarkan hasil analisis data dalam Film Negeri 5 Menara antara lain Nilai-nilai (1) Pendidikan akhlak dalam film Negeri 5 Menara, meliputi: Pendidikan akhlak terhadap Allah SWT: a) Mendekatkan diri kepada Allah dengan cara mengerjakan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya ada dua cara agar bisa dekat dengan Allah yaitu dengan bertawakkal dan Bersyukur. (2) Pendidikan akhlak kepada Rasulullah SAW: a) Mentaati Rasul adalah manusia yang paling mulia akhlaknya. Beliau sangat dermawan, paling dermawan di antara manusia. (3) Pendidikan akhlak terhadap manusia: a) Akhlak terhadap diri sendiri Wujud dari akhlak terhadap diri sendiri seperti ; 1) Sopan santun yang paling dipandang di masyarakat atau sebagai ciri kas orang tersebut; 2) Disiplin untuk menumbuhkan jiwa yang bertanggung jawab : b) Pendidikan akhlak terhadap keluarga ; 1) Berbuat baik dan patuh kepada kedua orang tua; 2) Bergaul dengan baik Islam sangat memberikan perhatian pada silaturahmi antara anggota keluarga. (1) Relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak terhadap materi akidah akhlak kelas 5 MI, meliputi: a) Indahnya berperilku terpuji ketika bertamu merupakan kegiatan mengunjungi rumah sahabat; 1) Sopan santun yang paling utama ketika kita bertamu harus mengucapkan salam dan harus saling menyapa ; 2) Disiplin ketaatan atau kepatuhan di dalam bertamu contoh dilarang merokok. b) Berhias diri Dengan Akhlak Terpuji (Tawakkal dan Dermawan): 1) Tawakkal menyerahkan segala sesuatunya hanya kepada Allah SWT. 2) Bersyukur adalah bentuk pengenalan kita terhadap nikmat yang dikaruniakan oleh Allah kepada kita.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tintin Susilowati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Dec 2021 01:26
Last Modified: 23 Dec 2021 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17428

Actions (login required)

View Item View Item