Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-learning dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021

Wahyuni, Sri (2021) Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-learning dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS_SRI_WAHYUNI[1].pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Wahyuni, Sri. 2017. Pengaruh Penggunaan Aplikasi E-learning dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta,M.Pd.I.
Kata Kunci: Penggunaan Aplikasi E-learning, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar
Dalam proses pembelajaran tentu yang diharapkan adalah prestasi belajar yang dicapai oleh peserta didik, yang akan menggambarkan keberhasilan dan kesuksesan dalam suatu pembelajaran. Untuk mencapai prestasi belajar dengan baik ada 2 faktor yang mempengaruhi belajar siswa yakni faktor intern yakni sesuatu yang disebabkan dari diri siswa meliputi jasmani, psikologi, dan kelelahan. Sedangkan faktor ekstern yakni sesuatu yang berasal dari luar meliputi lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan sosialnya. Di MTs Negeri 3 Ponorogo terdapat beberapa siswa yang memiliki prestasi belajar yang masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) pengaruh penggunaan aplikasi e-learning terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo, (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo, (3) pengaruh penggunaan aplikasi e-learning dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam penelitian ini populasi seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Ponorogo dengan jumlah siswa sebanyak 193 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Probability Sampling. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi berganda.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi e-learning terhadap prestasi belajar siswa sebesar 4,4 %, sedangkan 95,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti, (2) Ada pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sebesar 5,3 % sedangkan 94,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi e-learning dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 11,2% dan sisanya 88,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak sedang diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Dec 2021 06:51
Last Modified: 22 Dec 2021 06:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17419

Actions (login required)

View Item View Item