Hubungan antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 12 Magetan

Azizah, Siska Nur (2021) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 12 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617017 SISKA NUR AZIZAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Azizah, Siska Nur. 2021. Hubungan antara Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV MIN 12 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata kunci: Motivasi Belajar dan Hasil Belajar.
Hasil belajar pada hakikatnya merupakan perubahan tingkah laku sebagai hasil dari proses belajar. Dalam proses pembelajaran di sekolah masih cukup banyak siswa yang mendapatkan nilai hasil belajar yang rendah. Dalam pembelajaran matematika siswa kelas IV MIN 12 Magetan masih cukup banyak siswa yang mendapatkan nilai ulangan harian di bawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), karena masih banyak siswa yang tidak serius untuk belajar, tidak memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung dan kurangnya semangat belajar siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar adalah motivasi belajar.Motivasi belajar adalah suatu dorongan yang menyebabkan seseorang untuk bertindak atau berbuat dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai. Jika siswa masih memiliki motivasi belajar yang rendah maka hasil belajar yang didapatkan belum maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar Matematika siswa kelas IV MIN 12 Magetan Tahun Pelajaran 2020 / 2021. (2) Untuk mengetahui Hasil Belajar Matematika siswa kelas IV MIN 12 Magetan Tahun Pelajaran 2020 / 2021. (3) Untuk mengetahui signifikansi antara motivasi belajar dan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MIN 12 Magetan Tahun Pelajaran 2020 / 2021.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling atau sampling jenuh. Dengan sampel penelitian siswa kelas IV sebanyak 57 responden. Analisis data menggunakan rumus korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) motivasi belajar siswa kelas IV MIN 12 Magetan dalam kategori sedang dengan presentase sebesar 82% , Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa kelas IV MIN 12 Magetan adalah sedang. (2) Hasil belajar siswa siswa kelas IV MIN 12 Magetan termasuk kategori sedang dengan presentase sebesar 81%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tingkat hasil belajar siswa kelas IV MIN 12 Magetan adalah sedang. (3) Ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dan hasil belajar kelas IV MIN 12 Magetan, yaitu: dengan diperoleh nilai hasil korelasi product moment sebesar 0,695.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Dec 2021 01:07
Last Modified: 21 Dec 2021 01:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17409

Actions (login required)

View Item View Item