...(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG FORMAT WORD)...Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Rossella, Verryn Livia (2021) ...(LENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG FORMAT WORD)...Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
210317120_VERRYN_LIVIA_ROSSELLA_SKRIPSI[1].docx

Download (1MB)

Abstract

Rossella, Verryn Livia. 2021. Internalisasi Nilai-Nilai Multikultural Dalam Pembelajaran AKidah Akhlak di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. Mukhibat, M.Ag

Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai Multikultural, Pembelajaran Akidah Akhlak

MTs Darul Huda Mayak adalah salah satu Madrasah yang berada di Kota Ponorogo. Peserta didik yang belajar di MTs Darul Huda berasal dari berbagai macam latar belakang, baik dari segi bahasa, suku, budaya, status sosial, latar belakang pendidikan, dan keturunan. Hal ini dipandang perlu adanya penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran an akidah akhlak di MTs Darul Huda Mayak karena merujuk pada visi dan misi madrasah yang salah satunya adalah sebagai makhluk individu dan sosial yang berorientasi pada keridhoan Allah dan mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana proses penanaman atau internalisasi nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Darul Huda serta faktor pendukung dan faktor penghambat penanaman nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran akidah akhlak di MTs Darul Huda.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/ verification).
Hasil penelitian ditemukan bahwa bahwa masih banyak peserta didik yang sulit berkomunikasi dan bersosialisasi baik itu dengan teman sebaya maupun guru dimadrasah dikarenakan adanya keberagaman suku, budaya dan bahasa keseharian. Dari adanya perbedaan tersebut menyebabkan beberapa keluhan yang dirasakan oleh sebagian peserta didik diantaranya yaitu rendahnya rasa empati, kurangnya rasa saling menghargai, dan cenderung memiliki sifat individualisme maka dirasa perlu adanya internalisasi nilai-nilai multikultural khususnya pada nilai toleransi, nilai kebersamaan, dan nilai saling tolong-menolong dengan harapan peserta didik mampu hidup berdampingan secara damai. Faktor pendukungnya adalah adanya motivasi (internal dan eksternal motivasi) yang tinggi dari peserta didik dan adanya dukungan dari seluruh warga Madrasah, sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya pengaruh negatif yang signifikan terhadap peserta didik dari lingkungan yang kurang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:46
Last Modified: 20 Dec 2021 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17407

Actions (login required)

View Item View Item