Peran Pengurus Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Santriwati Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo

Khamidah, Durotul (2021) Peran Pengurus Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Santriwati Di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317369_DUROTUL KHAMIDAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Khamidah, Durotul. 2021 Peran Pengurus dalam Pembentukan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Santriwati di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Fery Diantoro, M.Pd.I.
Kata kunci: Pengurus pondok, kedisiplinan, Tanggug jawab
Di zaman sekarang yang semakin modern ternyata juga membawa pengaruh yang kurang baik terhadap pergaulan dan pola pikir remaja hingga menimbulkan kenakalan remaja. Kenakalan remaja salah satunya juga disebabkan dari kurangnya pendidikan karekter bagi anak dan remaja , maka dari itu perlu aadanya suatu lembaga yang membina dan membentuk karekter. Di indonesia lembaga yang menerapkan pendidikan karakter salah satunya adalah pondok pesantren. Di pondok pesantren terdapat pengurus pondok yang diberi amanah oleh pengasuh, yang mana pengurus menjadi faktor penting yang memiliki pengaruh besar terhadap keberhasilan pendidikan karakter. Pengurus pondok merupakan suatu organisasi yang yang memiliki peran penting terutama di pondok pesantren Darussalam. yang mana dibentuknya pengurus pondok sebagai wadah para santriwati dalam memberikan berbagai kegiatan didalamnya. Pengurus pondok Darussalam diharapkan dapat membina serta menumbuhkan karekter baik bagi santriwati, melalui strategi dan kegiatan-kegiatan yang nantinya dapat mendorong santriwati agar senantiasa dalam lingkup lingkungan yang baik, selalu disiplin,serta bisa bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui strategi yang diterapkan pengurus di Pondok Pesantren Darussalam Bangunsari ponorogo dalam pembentukan kedisiplinan dan tanggung jawab santriwati. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembentukan karakter kedisiplinan dan tanggung jawab santriwati di pondok pesantren Darussalam Bangunsari Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yakni penelitian yang memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu model interaktif dengan langkah-langkah: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) strategi pengurus pondok dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab santriwati yaitu dengan melalui strategi kegiatan seperti MATSABA (Masa ta’aruf Santri Baru) dan kegiatan ekstrakulikuler, yang ke dua melalui strategi perbuatan seperti penegakan peraturan, pengawasan, teladan kepemimpinan, pengumpulan handphone, hukuman dan sanksi bagi pelanggar tata tertib, dan yang ketiga melalui strategi ucapan seperti pembinaan disiplin serta nasihat dan motivasi. (2) Faktor pendukung pembentukan karakter kedisiplinan dan tanggung jawab berupa faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari diri sendiri sedangkan faktor eksternal merupakan faktor dorongan yang berasal dari lingkungan pesantren, adanya peraturan. Sedangkan faktor penghambat yang dialami oleh pengurus disini biasanya berasal dari diri sendiri yang biasanya kurang menghargai peraturan pondok, kadang santriwati merasa malas, suka ngeyel bila dinasihati. Juga adanya faktor eksternal lain seperti dari pergaulan teman, lingkungan pesantren yang kurang mendukung. Biasanya untuk menanggulangi hambatan tersebut pengurus melakukan cara seperti memberikan teguran, nasihat, sanksi maupun hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:45
Last Modified: 20 Dec 2021 01:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17404

Actions (login required)

View Item View Item