Peranan Organisasi Keluarga Mahasiswa dalam Meningkatkan Religiusitas dan Budi Pekerti Anggota di IAIN Ponorogo

Priadi, Priadi (2021) Peranan Organisasi Keluarga Mahasiswa dalam Meningkatkan Religiusitas dan Budi Pekerti Anggota di IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317198_PRIADI_SKRIPSI.pdf

Download (906kB) | Preview

Abstract

Priadi. 2021. Peranan Organisasi Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama dalam Meningkatkan Religiusitas dan Budi Pekerti Anggota di IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Wahid Hariyanto, M.Pd.I.
Kata Kunci: Peranan Organisasi, Religiusitas, Budi Pekerti

Banyak organisasi ekstra kampus yang bisa menyalurkan minat bakat dan bisa mengarahkan dan menjadikan mahasiswa yang lebih baik dan terampil. Namun tidak menuntut kemungkinan masalah yang ada saat ini masih ada organisasi tertentu yang di dalamnya terdapat anggota yang kurang mementingkan jiwa religiusitas dan budi pekerti yang luhur. Melihat kenyataan yang ada masih banyak ditemui berita atau informasi tentang mahasiswa yang kurang mencerminkan dirinya sebagai mahasiswa yang memiliki karakter religiusitas dan berbudi pekerti yang luhur. Misalnya mahasiswa yang mengadakan unjuk rasa atau demo dan tawuran dengan kekerasan yang bisa mengakibatkan kerusakan fasilitas umum dan kerugian ekonomi dan lainnya.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan KMNU IAIN Ponorogo dalam upaya meningkatkan religiusitas dan budi pekerti anggota, (2) peranan KMNU IAIN Ponorogo dalam upaya meningkatkan religiusitas dan budi pekerti anggota, (3) dampak upaya yang dilakukan KMNU IAIN Ponorogo bagi religiusitas dan budi pekerti anggota.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman dengan tiga tahap yaitu: tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan KMNU IAIN Ponorogo dalam upaya meningkatkan religiusitas anggota yaitu: (a) majlis dzikir dan shalawat, (b) khotmil qur’an, (c) istighotsah, (d) ziarah kubur, (e) ngaji kitab, dan (f) sowan kyai. Kemudian kegiatan yang dapat meningkatkan budi pekerti anggota yaitu: (a) sowan kyai, (b) ngaji kitab dan (c) santunan anak yatim. 2) Peranan KMNU IAIN Ponorogo dalam upaya meningkatkan religiusitas anggota dilakukan oleh departemen kaderisasi dan organisasi melalui peran strukturalnya diwujudkan dengan bentuk program kegiatan pengkaderan yang berisi tentang materi penguatan aqidah ahlusunnah wal jama’ah dan departemen dakwah dan amaliyah tradisi melalui peran aktifnya diwujudkan dengan bentuk program kegiatan seperti majlis dzikir dan shalawat, khotmil qur’an, istighotsah, ziarah kubur, ngaji kitab, dan sowan kyai. Kemudian dalam upaya meningkatkan budi pekerti anggota dilakukan oleh departemen dakwah dan amaliyah tradisi melalui peran aktifnya diwujudkan dengan kegiatan seperti sowan kyai, ngaji kitab dan santunan anak yatim. 3) Dampak upaya yang dilakukan KMNU IAIN Ponorogo bagi religiusitas anggota yaitu: (a) dimensi keyakinan, dibuktikan dengan sikap merasa yakin diawasi oleh Allah Swt., (b) dimensi peribadatan, dibuktikan dengan sikap sholat berjamaah di masjid dan (c) dimensi pengamalan, dibuktikan dengan sikap menolong orang lain. Dan dampak budi pekerti yaitu: (a) sikap terhadap Tuhan, dibuktikan dengan sikap iman kepada Allah dan baik terhadap ciptaan-Nya, (b) sikap terhadap sesama manusia, dibuktikan dengan tolong menolong jika ada teman yang kesulitan, (c) sikap terhadap diri sendiri, jujur dan terbuka, dibuktikan dengan sikap jujur dan terbuka ketika musyawarah, dan (d) sikap penghargaan terhadap alam, dibuktikan dengan menjaga dan memanfaatkan alam sekitar dengan baik, seperti menanam sayuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2021 08:22
Last Modified: 17 Dec 2021 08:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17400

Actions (login required)

View Item View Item