Strategi Pembelajaran Interaktif di Era Pandemi Melalui Media Online Bab Praktik Sholat Jenazah di Kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi

Permatasari, Rizky Mega (2021) Strategi Pembelajaran Interaktif di Era Pandemi Melalui Media Online Bab Praktik Sholat Jenazah di Kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317162_RIZKYMEGAPERMATASRI_PAI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perubahan pergeseran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online. Hal ini terjadi karena persoalan yaitu pandemi kendati persoalan pandemi bukan satu-satunya persoalan karena era sebelumnya sudah ada model pembelajaran Online. Namun karena pandemi ini memaksa ditambah adanya pergesaran paradigma maka membutuhkan strategi karena pergeseran paradigma tersebut maka dalam pembelajaran membutuhkan strategi dalam menyampaikan materi. Dari hal tersebut penulis tertarik pada strategi guru dalam praktik sholat jenazah selain penguassan teori juga dituntut penguasaan praktik. Menyampaikan materi pada kognitif (menyampaikan materi) siswa saja itu sulit apalagi perpaduan psikomotorik (praktik sholat jenazah) maka ketika pembelajaran Online berlangsung saja tidak maksimal apalagi dengan adaptasi yang baru.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui pembelajaran interaktif di era pandemi pada bab praktik sholat jenazah di kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi.(2). Mengetahui media pembelajaran interaktif melalui online di era pandemi pada bab praktik sholat jenazah di kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pembelajaran interaktif melalui media online pada bab praktik sholat jenazah di kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif informan penelitian ini adalah guru PAI kelas XI Akuntasi 3 dan 8 orang siswa kelas XI Akuntasi 3. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan konsep Miles dab Huberman.
Berdasarkan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan: di kelas XI Akuntasi 3 SMKN 1 Kasreman Ngawi (1) strategi interaktif dalam melaksanaan pembelajaran diera pandemi diantaranya dengan diskusi kecil, pengerjaan pengelompokan, kerja sama. (2) Media dalam pembelajaran interaktif yaitu, Group WhatsApp dan Google Classroom. (3) kendala dalam pembelajaran interaktif di era pandemic diantaranya adalah materi yang disampaikan sangat sulit dipahami, ketiadaan sarana penunjang terkendala pada alat untuk penunjang proses pembelajaran, ketiadaan kuota yang dibutuhkan karena pada pembelajaran online biasanyamenghabiskan lebih banyak kuota internet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Wibowo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:41
Last Modified: 17 Dec 2021 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17394

Actions (login required)

View Item View Item