Internalisasi Karakter Santri di Madrasah Diniyah Mamba’ush Sholihin Sawahan Madiun

Fanani, Shofin Hayyi (2021) Internalisasi Karakter Santri di Madrasah Diniyah Mamba’ush Sholihin Sawahan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skipsi Publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fanani, Shofin Hayyi. 2021. Internalisasi Karakter Santri di Madrasah Diniyah Mamba’ush Sholihin Sawahan Madiun) Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Karakter, Internalisasi, Madrasah Diniyah
Dewasa ini Indonesia dihadapkan dengan fenomena dekandensi moral yang menyebabkan banyak anak-anak memiliki kepribadian yang buruk. Hal itu dibuktikan dengan fenomena anak yang sering berbicara kotor, pembulian dan rendahnya tingkat religius anak seperti gampangya meninggalkan kewajiban salat. Oleh karena itu pendidikan karakter merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mengatasi hal tersebut, karena pendidikan karakter akan menjadi basic atau dasar dalam pembentukan prilaku maupun karakter yang berkualitas bagi generasi muda. Salah satu wadah pendidikan dalam membantu upaya pembentukan karakter tersebut adalah madrasah diniyah.
Penelitian ini dilakukan di madrasah diniyah mamba’ush sholihin sawahan madiun. Tujuan penelitian ini untuk (1) menjelaskan proses Internalisasi karakter religius dan sopan santun di Madrasah Diniyah Mamba’ush Sholihin (2) menjelaskan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam upaya proses Internalisasi karakter religius dan sopan santun di Madrasah Diniyah Mamba’ush Sholihin (3) menjelaskan dampak proses Internalisasi karakter religius dan sopan santun padasantri pada santri di madrasah diniyah mamba’ush sholihin
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi
kasus. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Pengasuh madrasah diniyah, Ustadz, Walisantri dan santri. Dalam teknik pengumpulan data Peneliti menggunkan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data Peneliti menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman dan Saldana.
Adapun hasil peneliian penelitian ini adalah (1) Proses penanaman karakter di madrasah diniyah mamba’ush sholihin terdiri dari tiga tahap yaitu moral knowing melalui kajian kitab moral feeling melalui pemberian nasehat dan teladan dan moral action melalui pembiasaan (2) untuk Faktor pendukung dalam upaya penanaman karakter adalah Keistiqomahan Ustadz, Kelengkapan Materi dan dukungan Masyarakat. Sedangkan untuk faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatian dari walisantri dan juga kemajuan teknlogi dan ilmu pengetahuan. (3) dampak yang ditimbulkan terhadap santri dari upaya penanaman karakter tersebut adalah adanya perubahan dari segi kepribadian seperti santri menjadi lebih bertata krama dan adanya peningkatan sikap religius, dari segi pengetahuan seperti meningkatnya kemampuan baca tulis Al Qur’an dan juga bertambahnya wawasan mengenai pendidikan keislaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Dec 2021 01:39
Last Modified: 17 Dec 2021 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17393

Actions (login required)

View Item View Item