pengaruh persepsi kelengkapan fasilitas dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ips kelas viii mts al-imam sawoo tahun ajaran 2020/2021

Rifa'i, Adib (2021) pengaruh persepsi kelengkapan fasilitas dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ips kelas viii mts al-imam sawoo tahun ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_211417057_ADIB RIFA'I.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rifa’i, Adib. 2021.Pengaruh Persepsi Kelengkapan Fasilitas dan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Kelas VIII MTs Al-Imam Sawoo Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi.Jurusan Tadris Pengetahuan Ilmu Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Nastiti Mufidah, M.Pd.

Kata Kunci:Fasilitas, Lingkungan Sekolah dan Hasil Belajar
Hasil belajar suatu proses dari bagian belajar mengajar. Pada MTs Al-Imam Sawoo Ponorogo masih ditemui rendahnya hasil belajar.Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti fasilitas dan lingkungan sekolah. Fasilitas dan lingkungan sekolah yang belum bisa terpenuhi semacam ruang kelas yang memadai, kelengkpan belajar mengajar yang terpenuhi dan juga lingkungan sekolah contohnya relasi antara guru dan murid yang belum bisa dijaga, maka hasil yang akan diperoleh juga berbeda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. 2) pengaruh antara lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS. 3) pengaruh antara fasilitas dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS.
Pendekatan yang penelitian gunakan yakni kuantitatif.Penelitian ini menggunakan ex-post facto.Pengumpulan datanya dengan angket.Populasinya berjumlah 34 murid.Analisis yang digunakan yaitu regresi linier berganda, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, Uji Hesteroskedastisitas dan uji Auto Korelasi.
Hasil penelitian menunjukan 1) ada pengaruh fasilitas sekolah terhadap hasil belajar IPS dengan nilai koefisien determinasi(R2) sebesar 31,8%, dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. 2) Ada pengaruh lingkungan sekolah,dibutktikan dengan perolehan nilai koefisien determinasi(R2) sebesar 30,1% dengan nilaisignifikansi 0,004 < 0,05. 3) ada pengaruh fasilitas dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 48,0% dengan nilai F hitung 14,329 > F tabel 3,29 dan signifikansi 0,000 > 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nastiti Mufidah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 16 Dec 2021 03:03
Last Modified: 16 Dec 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17385

Actions (login required)

View Item View Item