Jannah, Unun Roudlotul (2021) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Big Book Bagi Siswa Kelas 1 SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
210616112_UNUN ROUDLOTUL JANNAH_Upload Ethesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Unun Roudlotul Jannah 2021. Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Media Big Book Bagi Siswa Kelas 1 SDN Joresan Mlarak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Bapak M. Fathurahman, M.Pd.I
Kata Kunci: Motivasi, Hasil Belajar, Media Big Book, Bahasa Indonesia.
Pembelajaran merupakan aktivias utama dalam keseluruhan proses pendidikan sangat bergantung pada keefektifan proses pembelajaran berlangsung. Namun, terkadang proses pembelajaran itu sendiri mengalami kegagalan dalam prakeknya. Artinya, materi pembelajaran yang disampaikan guru tidak dapat diterima siswa secara optimal. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor seperti iklim belajar yang kurang menyenangkan dan pemilihan media pembelajaran yang kurang tepat. Dewasa ini, yang sering muncul dalam proses pembelajaran adalah ketidaktertarikan siswa dalam mengikuti kegiatan belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Berangkat dari masalah di atas, peneliti tertarik menjadikannya sebagai bahan penelitian dengan rumusan masalah: (1) bagaimana penerapan big book dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SDN 1 Joresan Mlarak Ponorogo (2) bagaimana penerapan big book dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Joresan Mlarak Ponorogo. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui peran big book dalam meningkatkan kerja sama siswa SDN 1 Joresan Mlarak Ponorogo dalam pembelajaran Bahasa Indonesia (2) mengetahui peran big book dalam meningkatkan hasil belajar siswa SDN 1 Joresan Mlarak Ponorogo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK )yang dilaksanakan secara langsung oleh peneliti, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas 1 SDN Joresan Mlarak Ponorogo yang berjumlah 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan keterangan yang jelas dan terinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup: perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan, refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media Big Book dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas 1 SDN Joresan Mlarak Ponorogo. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan kerjasama dalam setiap siklus karena big book memberi peluang pada anak untuk bekerja sama memberi makna. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dalam setiap siklus penelitian karena big book menawarkan konsep yang menarik dan menyenangkan sehingga siswa tidak mengalami kejenuhan. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan media Big Book dapat meningkatkan motivasi belajar dan kerja sama siswa SDN 1 Joresan Mlarak Ponorogo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 04:27 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 04:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17381 |
Actions (login required)
View Item |