Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo

Myrani, Metawi Ambar (2021) Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210617019 METAWI AMBAR MYRANI-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Myrani, Metawi Ambar. 2021. Hubungan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika
Siswa Kelas V Sdn 1 Jingglong Ponorogo, Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci: Gaya Belajar dan Hasil Belajar.
Dalam proses pembelajaran di sekolah, tidak sedikit siswa yang
mempunyai hasil belajar yang rendah. Salahsatunya disebabkan oleh gaya
belajar mereka yang kurang baik atau pemberian materi dari guru kepada siswa
melalui gaya belajar yang kurang sesuai dengan siswa tersebut. Jika gaya
belajar yang digunakan kurang sesuai dengan masing-masing siswa maka tentu
akan mendapat hasil belajar yang kurang optimal. Gaya belajar adalah cara yang
konsisten yang dilakukan oleh seorang murid dalam menangkap stimulus atau
informasi, cara mengingat, berpikir, dan memecahkan soal. Dalam pembelajaran
Matematika siswa kelas V di SDN 1 Jingglong Ponorogo ditemui beberapa siswa yang
mendapatkan nilai di bawah dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal ini
membuktikan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui hubungan gaya belajar visual
terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo tahun
pelajaran 2020/2021, (2) mengetahui hubungan gaya belajar auditori terhadap hasil
belajar matematika siswa kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo tahun pelajaran
2020/2021, (3) mengetahui hubungan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar
matematika siswa kelas V SDN 1 Jingglong Ponorogo tahun pelajaran 2020/2021.
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Untuk teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun teknik analisis
data menggunakan rumus Korelasi Product Moment.
Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Gaya belajar visual siswa
memperoleh nilai sebesar 0,562 lebih besar dari 0,05 pada uji korelasi product
moment variabel hasil belajar sehingga dapat dikatakan mempunyai hubungan yang
positif dan signifikan. (2) Gaya belajar auditori siswa memperoleh nilai sebesar 0,767
lebih besar dari 0,05 pada uji korelasi product moment variabel hasil belajar sehingga
dapat dikatakan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan. (3) Gaya belajar
kinestetik siswa memperoleh nilai sebesar 0,784 lebih besar dari 0,05 pada uji korelasi
product moment variabel hasil belajar sehingga dapat dikatakan mempunyai hubungan
yang positif, signifikan dan merupakan hasil yang tertinggi diantara ketiga gaya
belajar tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2021 02:01
Last Modified: 15 Dec 2021 02:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17377

Actions (login required)

View Item View Item