....(LENGKAPI TTD , MATERAI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PUBLIKASI DAN KEASLIAN SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)... "KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAAN AKHLAK” (STUDI KOMPARASI MENURUT K.H HASYIM ASY’ARI DAN K.H AHMAD DAHLAN)

Ashrof, Emha Miftahuddin (2020) ....(LENGKAPI TTD , MATERAI DAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PUBLIKASI DAN KEASLIAN SESUAI PEDOMAN, UPLOAD ULANG)... "KONSEP PEMIKIRAN PENDIDIKAAN AKHLAK” (STUDI KOMPARASI MENURUT K.H HASYIM ASY’ARI DAN K.H AHMAD DAHLAN). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
APLUT PERPUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ashrof, emha miftahuddin, Studi Komparasi Pemikiran Pendidikan Akhlak Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan Skripsi, Jurusuan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ahmad Nu’man Hakim, M.Ag.
Kata kunci: Pendidikan , Akhlak, Pendidikan Akhlak
Orang yang tidak dikenal sekalipun yang sangat berisiko sekali untuk terjadinya tindak kejahatan. Hal-hal semacam inilah yang menjadi problem penting saat ini yang perlu dicari solusinya. Pendidikan Akhlak sejak dini menjadi salah satu solusi awal dari problem tersebut dan tentunya diperlukan kesadaran dari pihak- Pendidikan akhlak menjadi sangat penting saat era modernisasi seperti saat ini. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi dan berubahnya gaya hidup. Contohnya saja internet sebagai jaringan yang bergerak di dunia maya yang sudah menjalar dan menjamur di kalangan orang dewasa, anak muda, bahkan anak-anak sekalipun, banyak terdapat di dalamnya hal-hal yang tidak sesuai dengan etika, banyak beredar gambar-gambar atau tulisan yang berbau pornografi di jejaring sosial, pergaulan yang tiada batas bahkan dengan pihak yang berinteraksi langsung seperti orang tua, guru, dan masyarakat sekitar untuk membantu menciptakan generasi yang berakhlak mulia dan menciptakan kedamaian hidup bersama.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pemikiran pendidikan islam menurut K.H Hasyim Asy’ari, (2) mengetahui pemikiran pendidikan islam menurut K.H Ahmad Dahlan, (3) mengetahui komparasi pemikiran pendidikan islam menurut K.H Hasyim Asy’ari dan K.H Ahmad Dahlan.
Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library research), yaitu salah satu jenis metode penelitian kualitatif yang lokasi atau tempat penelitiannya dilakukan dipustaka, dokumen, arsip, dan lain sejenisnya. metode kepustakaan merupakan metode penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan melalui tempat-tempat penyimpanan hasil penelitian, yaitu perpustakaan.
Hasil penelitian adalah pertama, konsep pendidikan akhlak menurut KH. Hasyim Asy‟ari baik itu berupa etika atau yang lainnya, kedua: mengetahui bagaimana konsep pendidikan KH. Ahmad Dahlan dengan menggunakan model integral, ketiga: dapat mengetahui apa perbedaan tentang pemikiran pendidikan akhlak dari KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:54
Last Modified: 15 Dec 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17372

Actions (login required)

View Item View Item