KONSEP WARA' DAN TAWAKAL MENURUT AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK

Fadhilah, Lailatul (2021) KONSEP WARA' DAN TAWAKAL MENURUT AZ-ZARNUJI DALAM KITAB TA'LIMUL MUTA'ALLIM DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317118_LAILATUL_FADHILAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fadhilah, Lailatul. 2021. Konsep Wara’ Dan Tawakal Menurut Az-Zarnuji Dalam Kitab Ta’limul Muta’allim Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Akhlak. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.
Kata Kunci: Wara’, Tawakal, Kitab Ta’limul Muta’allim, Pendidikan Akhlak.

Kitab Ta’limul Muta’allim adalah karya terakhir Syekh Az-Zarnuji yang masih ada. Penelitian ini fokus pada konsep wara’ dan tawakal dalam kitab Ta’limul Muta’allim. Hal ini dilatar belakangi oleh pentingnya konsep wara’ dan tawakal dalam kehidupan saat ini, terutama bagi seorang pelajar ketika menuntut ilmu. Karena pada kehidupan sekarang banyak dari kalangan siswa maupun mahasiswa yang nyaris punah dalam berpendidikan akhlak, seperti akhlak terhadap orang yang lebih tua. Dan mereka belum bisa menghindari sesuatu yang syubhat. Maka sikap wara’ dan tawakal menjadi solusi untuk menangkal kefahaman pelajar saat ini. Karena itu, perlu adanya kajian mengenai konsep wara’ dan tawakal menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan relevansinya terhadap pendidikan akhlak.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep wara’ dan tawakal menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim. (2) mengetahui relevansinya konsep wara’ dan tawakal menurut Az-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim terhadap pendidikan akhlak.
Untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan (library research). Dengan teknik pengumpulan data menggunakan literer. Dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Konsep wara’ yaitu menjaga diri dari sesuatu yang syubhat. Wara’ dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu wara’ umum seperti menghindari makan yang berlebihan, tidak banyak tidur, ghibah; wara’ khusus seperti menghindari orang yang berbuat maksiat misalnya zina, memfitnah orang lain; wara’ khusus al khusus seperti menghadap kiblat, rajin sholat. Keutamaan wara’ yaitu ilmunya manfaat, belajar menjadi mudah, mendapat barokah yang banyak. Tawakal yaitu menyerahkan segala urusan hanya kepada Allah. Ciri-ciri tawakal yaitu berserah diri hanya kepada Allah Swt, tidak mempermasalahkan urusan rezeki, tidak menyibukkan hatinya dengan urusan dunia, selalu mengutamakan urusan akhirat. Keutamaan tawakal yaitu bisa menundukkan hawa nafsu dengan cara melakukan kebaikan. (2) Relevansi konsep wara’ terhadap pendidikan akhlak yaitu (a) Akhlak kepada Allah yaitu menghadap kiblat, rajin sholat, mengikuti sunnah nabi saw, dan berserah diri hanya kepada Allah swt, (b) Akhlak kepada diri sendiri yaitu tidak makan berlebihan, tidak banyak tidur, dan rajin membawa buku pelajaran, (c) Akhlak kepada orang lain yaitu menghindari perbuatan maksiat seperti zina, mencuri, memfitnah orang lain, durhaka kepada orang tua, dan membicarakan sesuatu yang tidak bermanfaat atau ghibah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 15 Dec 2021 01:51
Last Modified: 15 Dec 2021 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item