IMPLIKASI PEMBELAJARAN KITAB AKHLA<Q LIL BANA<T PADA PEMBENTUKAN AKHLAK AL KARIMAH SANTRI PUTRI KELAS 1 DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO

Fitri, Nurul (2021) IMPLIKASI PEMBELAJARAN KITAB AKHLA<Q LIL BANA<T PADA PEMBENTUKAN AKHLAK AL KARIMAH SANTRI PUTRI KELAS 1 DI MADRASAH DINIYAH MIFTAHUL HUDA MAYAK TONATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210317135_NURUL FITRI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK


Fitri, Nurul. 2021. Implikasi Pembelajaran Kitab
Akhl a>q

Lil
Bana>t Pada Pembentukan
Akhlak Al Karimah Santri Putri Kelas 1 di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Mambaul Ngadhimah, M.Ag.

Kata Kunci: Implikasi Pembelajaran Kitab Akhla>q Lil Bana>t, Akhlak Al Karimah, Santri Putri

Akhlak mulia merupakan cerminan dari kepribadian seseorang, akhir-akhir ini akhlak yang baik adalah barang mahal dan sulit ditemukan. Membentuk pribadi berakhlak mulia harus ditanamkan pada anak. Kitab Akhl a>q Lil Bana>t
adalah salah satu kitab akhlak paling dasar untuk pembelajaran akhlak siswa atau santri yang baru belajar di Pondok Pesantren, karena didalam kitab ini menjelaskan beberapa akhlak yang yang pantas untuk ditiru dan dihindari oleh santri. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah: (1) Pembelajaran Kitab Akhla>q Lil Bana>t Kelas 1 di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo?, (2) Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Kitab Akhla>q Lil Bana>t Kelas 1 di Madrasah Diniyah Huda Mayak Tonatan Ponorogo?, (3) Implikasi Pembelajaran Kitab Akhla>q Lil Bana>t Terhadap Pembentukan Akhlak Al Karimah Santri Putri di Madrasah Diniyah Miftahul Huda Mayak Tonatan Ponorogo?. Untuk menjawab pertanyaan diatas penulis menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif berupa

wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan: (1) Pembelajaran Kitab Akhla>q Lil Bana>t meliputi: (a) Metode yang digunakan dalam pembelajaran kitab meliputi: (a) Wetonan/Bandongan guru membacakan dan menjelaskan isi kitab, sementara santri mendengarkan dan memberi makna, (b) Ceramah ketika guru sudah membacakan makna kitab, guru akan menjelaskan isi kitab, (c) Tanya Jawab pelajaran dalam bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh santri, terutama guru kepada santri, tetapi bisa juga dari santri ke guru. Materi kitab Akhla>q Lil Bana>t meliputi: (a) Sopan santun anak perempuan terhadap Gurunya (b) Sopan santun anak perempuan terhadap Temannya (c) Kewajiban anak perempuan terhadap Allah Swt, (2) Faktor pendukung dan penghambat meliputi: Faktor Guru, Siswa, Sarana Prasarana dan Lingkungan, (3) Implikasinya meliputi: (a) Sopan santun anak perempuan terhadap Gurunya: menghormati guru, mengerjakan tugas, memperhatikan penjelasan guru, meminta izin kepada guru, tidak berbohong; (b) Sopan santun anak perempuan terhadap Temannya: menghargai pendapat teman, tidak berbohong kepada teman, tidak mengambil barang milik teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mambaul Ngadhimah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2021 04:49
Last Modified: 13 Dec 2021 04:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item View Item