..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL-ISLAMIYAH UTERAN GEGER MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021

ANJUNI, NIARATUL (2021) ..(PERBAIKI LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERANAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII PADA MATA PELAJARAN FIKIH DI MADRASAH ALIYAH AL-ISLAMIYAH UTERAN GEGER MADIUN TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210317015, NIARATUL ANJUNI, SKRIPSI-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki pengaruh luas dalam dunia pendidikan. Di sekolah guru adalah pelaksana administrasi pendidikan yaitu bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik. Oleh karena itu, guru harus memiliki kompetensi dalam mengajar. Guru di MMA Al-islamiyah belum sepenuhnya menerapkan kompetensi pedagogik didalam proses pembelajarannya. Kondisi inilah yang menyebabkan siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Akibatnya hasil belajar siswa kurang maksimal. Kompetensi pedagogik berkaitan langsung dengan penguasaan disiplin pendidikan dan ilmu lain yang berkaitan dengan tugasnya sebagai guru. Oleh karena itu sangat penting meneliti kompetensi pedagogik karena akan memberikan wawasan bagi guru mengenai bagaimana cara mengelola pembelajaran dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan kompetensi pedagogik guru. 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Fikih. 3) Untuk menjelaskan Peranan kompetensi pedagogik guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Fikih.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian yang digunakan yaitu study kasus. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 orang yang meliputi sebagian siswa kelas XII MMA Al-Islamiyah, wali kelas, kepala sekolah. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan teori dari Miles dan Hubermen yaitu aktivitas yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung terus menerus hingga data menjadi jenuh. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/ varification.
Berdasarkan hasil analisis, 1) Kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Al-Islamiyah Uteran Geger Madiun sudah baik karena guru Fikih tersebut sudah bersertifikat professional. 2) Hasil belajar siswa kelas XII pada mata pelajaran Fikih sudah mengalami perkembangan semenjak guru menerapkan kompetensi pedagogik pada proses pembelajarannya. 3) Dengan begitu dapat diketahui bahwa kompetensi pedagogik memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar, yaitu memudahkan guru dalam menyampaikan materi kepada siswa dan guru dapat menerapkan berbagai strategi pembelajaran sehingga tercipta kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju’Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2021 03:49
Last Modified: 13 Dec 2021 03:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17352

Actions (login required)

View Item View Item