Pembelajaran Daring Kitab Fath Al-Qorib Pada Masa Pandemi Di MA Al-Islam Joresan Ponorogo

Ayuningtyas, Lilis Suryani (2021) Pembelajaran Daring Kitab Fath Al-Qorib Pada Masa Pandemi Di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317158_LILIS SURYANI A._PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ayuningtyas, Lilis Suryani. 2021. Pembelajaran Daring Kitab Fath Al-Qorib pada masa pandemi di MA Al-Islam Joresan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Wahid Hariyanto, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Kitab Fath Al-Qorib, Masa Pandemi .

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 tahun 2020 tertanggal 24 Maret 2020, maka selama masa darurat penyebaran covid-19 pelaksanaan pembe
lajaran di semua jenjang pendidikan dilaksanakan secara daring sehingga pada salah satu lembaga pendidikan yaitu MA Al-Islam Joresan penggunaaan metode bandongan digunakan dalam pembelajaran tatp muka berbasis Kitab, salah satunya Kitab Fath Al-Qorib . Namun dikarenakan adanya pandemi covid-19 dan surat edaran tersebut mengakibatkan pembelajaran dilakukan secara daring. Dalam pembelajaran tersebut lembaga pendidikan menggunakan pembelajaran daring dengan media online yaitu zoom, google classroom dan whatsapp group.
Tujuan penelitian ini yaitu (1) memaparkan kebijakan sekolah terkait pembelajaran daring pada Kitab Fath Al-Qorib di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. (2) memaparkan pelaksanaan pembelajaran daring pada Kitab Fath Al-Qorib di MA Al-Islam Joresan Ponorogo. (3) memaparkan penghambat dan pendukung dalam pembelajaran daring pada Kitab Fath Al-Qorib di MA Al-Islam Joresan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Milles dan Huberman yang tahapannya sebagai berikut: reduksi data, penyajian data, verivikasi atau kesimpulan.
Dari penelitian ini ditemukan (1) Kebijakan MA Al-Islam Joresan terkait adanya surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang pembelajaran daring maka guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada Kitab Fath Al-Qorib di MA Al-Islam Joresan yaitu dilaksanakan dengan daring. Madrasah mempunyai kebijakan pembentukan tim IT, kebijakan terkait fasilitas dari madrasah yaitu wi-fi, leb. kompter. Penentuan platform menggunakan bentuk media voice, video, atau gambar makna gandul dengan metode tanya jawab dan ceramah menggunakan aplikasi whatsapp group, zoom, dan classroom. (2) Proses pembelajaran daring pada Kitab Fath Al-Qorib menggunakan wa grup dan classroom dengan mengirimkan materi berupa audio, video, atau foto makna gandul dengan mengawali mengucapkan salam dan mengulang materi minggu lalu kemudian peserta didik menyimak materi yang dikirim melalui aplikasi whatsapp group, zoom, dan classroom menggunakan metode ceramah. (3) Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran daring segi internal kurangnya pemahaman IT, pengoperasian aplikasi daring, pemilihan cara penyampain yang kurang tepat, dan wi-fi atau laptop yang mati. Pendukungnya wi-fi, tim IT, dan lab. komputer, pemilihan cara penyampaian yang tidak membosankan, serta motivasi yang diberikan kepada peserta didik. Dari segi eksternal penghambat kurangnya minat, bosan, jenuh, peserta didik membuka file materi yang dikirim. Sedangkan pendukungnya adanya hp, sinyal, keikutsertaan peserta didik dan minat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wahid Hariyanto
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:55
Last Modified: 13 Dec 2021 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item View Item