persepsi guru dan siswa dalam penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak kelas viii smp ma’arif 1 ponorogo tahun pelajaran 2020/2021

Zulaikho, Putri (2021) persepsi guru dan siswa dalam penggunaan media audio visual untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akidah akhlak kelas viii smp ma’arif 1 ponorogo tahun pelajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316114_PUTRI ZULAIKHO_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zulaikho, Putri. 2021. “Persepsi Guru dan Siswa dalam Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Materi Akidah Akhlak di Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju` Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci: Persepsi, Media Audio Visual, Tingkat Pemahaman Siswa

Persepsi merupakan suatu proses didalam menafsirkan suatu bentuk stimulus berupa tanggapan atau tindakan yang dilakukan setelah menerima rangsang yang diterima oleh alat indra. Terkait penggunaan media di sekolah, peneliti menemukan bahwa di kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo saat pembelajaran aqidah akhlak berlangsung guru terlalu pasif dalam mengajar dan kurang adanya penggunaan media untuk membantu proses pembelajaran. Dan di sekolah tersebut media audio visual hanya digunakan beberapa kali saja dan pada saat guru tidak bisa hadir pada saat proses pembelajaran. Adanya media audio visual digunakan untuk menyampaikan materi pada saat kegiatan pembelajaran dan mampu membantu tingkat pemahaman siswa. Tetapi saat ini masih banyak siswa yang kurang memahami materi ketika penyampaiannya dengan menggunakan media audio visual. Tanpa disadari hal ini dapat menimbulkan dampak kurang baik terhadap tingkat pemahaman siswa khususnya pada saat proses pembelajaran berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tingkat pemahamam siswa pada saat proses pembelajaran akidah akhlak sebelum menggunakan media audio visual di . SMP Ma’arif 1 Ponorogo, (2) untuk mengetahui hasil penelitian yang berkaitan dengan persepsi guru dan siswa dalam memanfaatkan media audio visual, dan (3) persepsi guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan penggunaan media audio visual.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display dan kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian.
Dari analisis data diperoleh hasil: (1) Sebelum penggunaan media audio visual siswa sudah mcemiliki tingkat pemahaman yang baik. (2) Persepsi guru dan siswa dalam penggunaan media audio visual pada saat proses pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi Akidah Akhlak di SMP Ma’arif 1 Ponorogo kurang maksimal karena minimnya minat guru untuk menggunakan media ketika proses pembelajaran berlangsung. (3) Persepsi guru dan siswa terhadap kelebihan dari penggunaan media audio visual yaitu sebagian siswa lebih mudah tertarik dengan siswa lebih tertarik ketika guru menggunakan media audio visual dalam pembelajaran berlangsung dan materi yang disampaikan oleh guru bisa dengan mudah di pahami oleh siswa, sedangkan kekurangannya yaitu pada saat penggunaan media terdapat kurangnya kerja sama antar guru dengan siswa sehingga siswa lebih memilih guru menyampaikan materi dengan menggunakan metode pembelajaran yang lain. Dan kurangnya guru dalam menguasai penggunaan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju' Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Dec 2021 02:49
Last Modified: 13 Dec 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17337

Actions (login required)

View Item View Item