Upaya Penyuluh Agama Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Sholat Jum'at Di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Dio, Saputro (2021) Upaya Penyuluh Agama Dalam Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Sholat Jum'at Di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317125-DIO SAPUTRO-PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Saputro, Dio. 2021. Upaya Penyuluh Agama Dalam Menumbuhan Kesadaran Masyarakat Dalam Pelaksanaan Sholat Jum’at di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Wilis Werdiningsih, M.Pd.I.

Kata kunci: Penyuluh Agama, Kesadaran Masyarakat, Sholat Jum’at

Sholat jum’at merupakan salah satu kewajiban bagi umat Islam yang sudah baligh. Oleh sebab itu sebagai seorang muslim yang taat, wajib melaksanakannya setiap seminggu sekali. Desa Sendang merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Desa ini mayoritas dihuni oleh masyarakat yang bekerja sebagai petani. Di desa ini pelaksanaan shalat jum’at masih sangat minim, lantaran pemahaman masyarakat tentang ilmu agama yang masih kurang serta kesibukan bertani. Dengan hadirnya penyuluh agama dari Kementerian Agama diharapkan dapat memberikan penyuluhan, arahan serta dorongan kepada masyarakat agar mau untuk melaksanakan shalat jum’at.
Penelitian ini berupaya (1) untuk menjelaskan bagaimana pelaksanaan kegiatan penyuluhan agama di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. (2) Untuk menjelaskan bagaimana upaya penyuluh agama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan shalat jum’at di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. (3) Untuk menjelaskan bagaimana hasil upaya penyuluh agama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan shalat jum’at di Desa Sendang Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian ini dapat ditemukan bahwa (1) kegiatan penyuluhan agama di desa Sendang dilakukan dengan berbagai macam kegiatan yakni bimbingan baca tulis Al-Qur’an kepada remaja masjid, membantu melayani wakaf masjid dan mushola, mengajar di TPQ dan madrasah, mengisi mauidhah hasanah dan menjadi khatib di beberapa masjid. Dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan shalat jum’at, maudhah hasanah diisi dengan materi akidah, fikih dan akhlakul karimah. Metode yang digunakan ialah metode ceramah dan metode tanya jawab. Penyuluh agama juga membuat jadwal kegiatan penyuluhan yang rutin dilaksanakan pada setiap minggunya. (2) Upaya yang dilakukan oleh penyuluh agama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan shalat jum’at di Desa Sendang adalah dengan dua upaya penyuluhan yaitu pertama, penyuluhan dengan dakwah, penyuluhan ini mengajarkan materi yang berkaitan dengan shalat jumat. Kedua, penyuluhan dengan praktek, penyuluhan ini dilakukan dengan memberikan contoh urutan-urutan dan gerakan-gerakan dalam shalat jum’at. (3) Hasil upaya penyuluh agama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam pelaksanaan shalat jum’at di desa Sendang adalah pada awal beliau menjadi penyuluh agama di tahun 2015, jamaah shalat jum’at hanya kisaran lima belas (15) sampai tujuh belas (17) orang saja di setiap masjidnya. Dan setelah adanya penyuluh agama yang bertugas dan berbagai upaya penyuluhan agama yang telah dilakukan akhirnya mendapatkan hasil yang cukup baik. Peningkatan jamaah shalat jum’at di tahun 2021 ini kisaran empat puluh (40) sampai empat puluh empat (44) orang di setiap masjidnya. Dan bukan hanya pelaksanaan shalat jumat saja akan tetapi pemahaman masyarakat terhadap agama Islam juga semakin meningka, serta sudah terpenuhinya syarat minimal untuk mendirikan salat jum’at di suatu wilayah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wilis Werdiningsih
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Dec 2021 03:46
Last Modified: 10 Dec 2021 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17325

Actions (login required)

View Item View Item